Keuangan » Bisnis » Tips-tips Dalam Menjalankan Bisnis Agar Sukses

Tips-tips Dalam Menjalankan Bisnis Agar Sukses

Tips Dalam Menjalankan Bisnis– Menjalankan sebuah bisnis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kuncinya adalah pilihlah bisnis sesuai dengan passion anda. Karena tanpa ada sebuah passion didalam diri anda maka kemungkianan besar akan berhenti di tengah jalan. Banyak orang yang memulai bisnis hanya ikut-ikutan atau hanya memikirkan bisnis yang prospek tanpa diikuti pengetahuan serta passion di dalam diri, dan ditengah jalan berhenti. Sebagai contohnya kalau anda suka dengan hewan seperti burung maka anda bisa memulai bisnis anda dengan jualan burung atau kalau anda suka otomotif bisa membuka bengkel atau membuka toko aksesoris kendaraan dan lain-lainya.

tips Dalam Menjalankan Bisnis

tips Dalam Menjalankan Bisnis

Terlepas dari yang saya utarakan diatas tentu ada hal-hal lain yang menentukan sebuah bisnis bisa sukses atau tidak. Untuk itu disini saya akan sedikit memberikan tips dalam menjalanakan sebuah bisnis.

  1. Jeli Menangkap Peluang
    Sebagai calon pebisnis maka sebelum memulai bisnis mulailah dengan melihat kondisi di sekitar anda. Amatilah apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka butuhkan. Contoh sederhana anda ingin menjalankan bisnis karaoke, tapi lokasi yang anda pilih di pedesaan. Apakah akan ada yang datang? Tentu jawabanya tidak, karena para peminat karaoke rata-rata adalah seseorang yang bekerja didaerah perkotaan dengan segala aktivitasnya. Kemudian ia memilih berkaraoke untuk sekedar melepas lelah akibat bekerja seharian penuh.
  2. Ciptakan suasana yang nyaman
    Buatlah tempat usaha anda menjadi sebuah tempat yang nyaman sehingga pengunjung akan betah berlama-lama.Tersedianya tempat parkir yang luas serta ruangan yang tertata rapi dan bersih akan menjadi daya tarik tersendiri.
  3. Diskon
    Mungkin trik ini bisa dikatakan trik kuno, tapi taka da salahnya untuk dicoba. Pemberian diskon pada produk yang anda jual, masih memberi daya tarik untuk memikat para konsumen. Tentunya sebelum memberikan diskon pada produk yang anda jual, anda sudah memperhitungkan besar keuntungan yang anda dapatkan.
  4. Pelayanan yang ramah
    Konsumen adalah raja, itulah konsep dalam sebuah bisnis. Bagaimanapun kepuasan konsumen adalah hal yang utama. Untuk itu agar seseorang akan datang lagi suatu saat nanti, berikanlah pelayanan yang ramah. Dengan memberikan pelayanan yang baik maka anda akan mendapatkan pelanggan tetap.
  5. Jaga kualitas produk
    Seperti yang saya katakana sebelumnya, kepuasan konsumen adalah hal yang paling utama. Nah kepuasan konsumen ini tak lepas dari kualitas produk itu sendiri. Untuk itu pastikan produk yang anda jual sudah memenuhi quality control.
  6. Suasana yang kondusif
    Hal ini juga jangan sampai dilupakan,. Kesuksesan dari sebuah bisnis juga tak lepas dari suasana yang kondusif yang terjalin antara pemiliki bisnis, pengelola, karyawan dan juga konsumenya. Anda harus pintar-pintar memberikan aura positif kepada setiap elemen tadi sehingga proses bisnis bisa berjalan dengan suasana yang kondusif.

Setidaknya ada 6 hal pokok diatas yang menjadi kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis. Semoga tips ini bisa berguna untuk anda yang akan menjalankan bisnis.

Penulis: zainal

Foto Profil dari zainal

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...