Keuangan » Investasi » Poin Penting Dalam Investasi

Poin Penting Dalam Investasi

Investasi merupakan cara yang seringkali dilakukan oleh para pengusaha untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan atas pekerjaan tersebut. Pada umumnya, terdapat dua macam cara yang dapat dilakukan dalam berinvestasi. Kedua cara tersebut adalah investasi aset riil dan aset keuangan. Investasi riil dapat dilakukan dengan cara membeli aset bisnis secara langsung, misalnya saja membeli tanah, properti, dan lain sebagainya. Sedangkan investasi aset keuangan dapat dilakukan dengan cara membeli saham suatu perusahaan, reksadana, deposito, dan berbagai macam lainnya.

investt Investasi bukan semata-mata beresiko besar, ketika memiliki keuntungan, keuntungan tersebut juga besar sejalan dengan resikonya. Untuk itu, ada beberapa poin penting dalam investasi yang sangat perlu diperhatikan sebelum dilakukan, antara lain:

1.       Tujuan

Seperti halnya dalam melakukan suatu tindakan, tujuan dari tindakan tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk dicermati sebelum melakukannya. Tujuan dari investasi sangat penting untuk diketahui terlebih dahulu sebelum kita melakukan investasi pada suatu benda atau investasi keuangan. Menentukan tujuan dari investasi tersebut dengan jelas tentu adalah langkah yang paling bijak sebelum melangkah lebih jauh. Dengan demikian kita dapat mengetahui kemana arah langkah kita untuk mewujudkan tujuan tersebut.

2.       Jangka waktu

Jangka waktu dari investasi sangat perlu dipertimbangkan sebab hal tersebut sangat menentukan keuntungan kita dalam melakukan investasi. Disamping itu, jangka waktu dari investasi yang hendak dilakukan sangat mempengaruhi instrumen yang akan digunakan dalam kegiatan investasi tersebut. Dengan mengetahui jangka waktunya, tentu kita dapat menentukan apa saja instrumen untuk melancarkan usaha investasi tersebut demi meraih tujuan yang diinginkan.

3.       Sumber dana

Sumber dana juga merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Untuk melakukan investasi, hendaknya menggunakan dana yang merupakan dana tabungan, bukan dana pokok untuk memenuhi kebutuhan pokok. Kita dapat mempersiapkan dana cadangan yang kita miliki untuk melakukan investasi tersebut sehingga ketika kita mengalami kerugian, kita tidak kehabisan dana pokok yang semestinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Foto Profil dari Yandi Wicaksana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...