Keuangan » Bisnis » Panen Laba dari Rumah

Panen Laba dari Rumah

            Punya usaha rumahan, mengapa tidak? Usaha tidak harus membuat sebuah pabrik dengan dana ratusan bahkan milyaran rupiah. Dengan modal 1 juta rupiah saja sudah bisa dijadikan bisnis rumahan yang menguntungkan. Hanya bila dikelola dengan cara yang benar. Berikut ini tips memulai bisnis rumahan.

tips membuka usaha baru

Passion

            Dalam dunia bisnis memang perlu peluang usaha, tapi jangan lupa bahwa setiap jalan yang anda tapaki pasti punya hambatan. Nah, anda harus kuat setegar karang bila ingin sukses. Lantas, bagaimana agar dapat tahan dengan cobaan? Salah satu solusinya adalah memilih usaha rumahan yang sesuai dengan bakat atau minat anda. Sehingga apapun yang terjadi anda akan tetap merasa senang.

Jeli Membaca Peluang

            Anda harus tahu tentang peluang pasar produk rumahan. Misalnya, pasion anda di bidang kuliner, maka lihatlah produk apa yang belum ada di pasar. Sebagai contoh, di pasar banyak terdapat keripik pisang dan singkok, mungkin anda bisa mencoba keripik dari nangka, rebung, atau mungkin keripik ikan. Bisa dari ikan teri atau ikan tuna yang digiling. Rendahnya daya saing akan membuat produk anda mudah dikenal.

            Membaca peluang bisnis juga berarti mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat. Sebagai contoh anda memilih bisnis aksesoris. Sasarannya adalah anak muda, maka buatlah benda seperti bros, gantungan kunci, atau sticket dinding yang banyak mereka sukai. Target pasarnya adalah koperasi sekolah atau membuka toko aksesoris di lingkungan pelajar.

Pemasaran

            Pemasaran menjadi kunci pokok dari sebuah usaha. Tanpa pemasaran yang bagus, maka bisnis anda tidak akan berjalan. Carilah peluang pasar dari produk anda, bisa melalui online maupun offline. Kalau bisnis rumahan anda adalah barang cepat basi maka sediakan delivery order.

Kualitas

            Jaga selalu kualitas barang yang anda produksi karena ini akan menarik minat pembeli untuk menjadi pelanggan. Bila produk anda bagus, maka tidak menutup kemungkinan kalau pembeli menjadi agen atau reseller. Apalagi bila dia tahu lingkungannya membutuhkan. Dengan begitu, tanpa membayar distributorpun usaha rumahan yang anda kelola.dapat berjalan dengan baik.

Foto Profil dari Yandi Wicaksana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...