Keuangan » Bisnis » Tips Meraup Untung Dari Bisnis Produk Kesehatan

Tips Meraup Untung Dari Bisnis Produk Kesehatan

 

Bisnis bidang kesehatan adalah bisnis berpeluang besar. Bisnis ini relatif stabil dan tak pernah sepi, bukan bisnis yang musiman. Perubahan gaya hidup, tekanan lingkungan, dan berbagai faktor menjadikan kesadaran terhadap kesehatan semakin meningkat dan peluang bisnis di bidang kesehatan semakin besar pula.

Salah satu produk kesehatan yang mudah dijual secara online adalah produk semacam suplemen atau obat-obatan herbal. Bagaimana cara memulai bisnis ini sehingga sukses membuat Anda meraup rupiah? Silahkan pertimbangkan tips berikut ini:

pure-herbal-natural-stamp-pecent-isolated-white-33249412

Gambar : Photobank

 1.      Pilih produk yang tepat

Pemilihan produk yang tepat menjadi kunci sukses bisnis yang akan kita jalankan. Saat ini sangat banyak produk herbal beredar di pasaran. Untuk satu bahan baku saja,misalnya mengkudu, saat ini ada ratusan brand yang sudah beredar di dunia. Nah, bagaimana Anda memilihnya?

Setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan produk. Pertama dan sangat utama adalah masalah legalitas dan sertifikasi. Ya, kita akan berkutat dengan soal keselamatan costumer. Syarat utama menurut saya adalah legal.

Untuk diIndonesia, pastikan produk sudah teregistrasi BPOM. Cek sendiri di web resmi BPOM, jangan mudah percaya klaim legal dari produsen. Karena masyarakat Indonesia sebagian adalah muslim, maka sertifikasi halal juga sangat penting. Cek apakah produk  memiliki sertifikat halal MUI.

Dukungan riset, menjadi hal yang juga tak dapat dikesampingkan. Salah satu kelemahan produk herbal adalah dukungan ilmiahnya. Nah, jika Anda mendapatkan produk herbal yang memiliki dukungan riset yang meyakinkan, kemungkinan besar Anda tak kesulitan menjualnya.

Pengakuan Pasar, terhadap sebuah produk juga bisa menjadi added value. Misalkan produk yang Anda pilih pernah mendapatkan award X sebagai produk herbal paling berkualitas misalnya, ini akan menjadi poin penting dalam proses menjualnya.

 Jika Anda bersedia sedikit repot, maka akan sangat baik jika Anda mencoba dan membuktikan produk tersebut. Memang biasanya produk didukung testimoni pengguna. Namun, jika Anda sebagai penjual sendiri telah membuktikannya, itu akan jauh lebih baik.

2.      Kuasai benar product knowledge

Terjun ke bisnis kesehatan,kita akan sering berhadapan dengan konsumen yang sedang sakit. Mereka berada tidak dalam kondisi terbaik. Maka jangan sampi dalam kondisi rentan ini, costumer malah memburuk hanya karena kita kurang mendalam memahami produk sehingga salah memberi saran dsb.

Kuasailah dengan mendalam product knowledge. Dari apa produk terbuat, bagaimana cara terbaik mengkonsumsinya, apa efeknya dan bagaiman biasanya tubuh bereaksi terhadapnya. Pelajari pula hal-hal penting tentang sistem terkait tubuh manusia dan berbagai penyakit. Pelajari pula faktor yang dapat mengoptimalkan penggunaan produk yang Anda akan jual. Misalnya, terkait pola makan.

(Bersambung….)

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...