Keuangan » Perencanaan » Tips Memulai Usaha Kecil Di Bidang Kuliner

Tips Memulai Usaha Kecil Di Bidang Kuliner

  1. Tentukan Harga Yang Pantas

Tips keempat, Anda harus menentukan harga yang pantas terhadap barang jualan Anda. Pantas di sini dalam artian tidak terlalu mahal, tidak juga terlalu murah. Sebab Anda pasti sadar bahwa menjual makanan terlalu mahal dapat membuat calon pembeli berfikir dua kali untuk membeli makanan Anda. Begitu juga sebaliknya, menjual terlalu murah juga bisa membuat Anda rugi sendiri.

O iya, Anda juga jangan lupa ya, untuk menghitung berapa modal Anda, sehingga Anda dapat menentukan harga yang pantas untuk dagangan Anda. Malahan jika diperlukan lakukan pengecekan harga di tempat lainnya agar Anda bisa membandingkan dengan makanan Anda, sehingga Anda bisa menentukan berapa harga yang kiranya sesuai untuk makanan Anda.

Tips Bisnis Usaha Kuliner

  1. Memilih metode penjualan

Metode panjualan yang saya maksud contohnya: berjualan keliling, berjualan di tempat, atau sistem titip di kios-kios. Pilih saja mana yang paling Anda sukai. Yang penting, Anda berjualan di tempat yang ramai pembeli pasti makanan Anda akan laris manis.

Semua metode memiliki kelebihan masing-masing.Berjualan keliling capek, tapi tidak perlu menyediakan tempat atau menyewanya jika Anda belum memiliki tempat sendiri. Berjualan di tempat, berarti butuh modal lagi untuk membuat bangunan atau menyewa tempatnya. Tapi enaknya Anda tidak terlalu capek. Silahkan pilih mana yang Anda sukai.

Tambahan, sekarang ada juga metode penjualan online, yang tentunya bisa Anda gabungkan dengan penjualan offline. Saya yakin hasilnya lebih bagus. Sebab penjualan online pasarnya lebih luas lagi. (sekedar masukan)

  1. Jangan cepat puas atau bersedih di hari-hari pertama

Hal yang pasti terjadi saat hari-hari pertama pembukaan usaha kuliner Anda adalah ramai atau sepi pembeli. Jika ramai, jangan puas dulu. Bisa jadi pembeli banyak, hanya karena penasaran dengan makanan Anda. Kalau pembeli sepi, jangan juga terlalu bersedih. Sebab, yang namanya usaha baru itu kebanyakan seperti itu.

Tetap semangat dan optimis serta cari tahu mengapa usaha Anda sampai sepi. Jangan lupa teruskan berinovasi untuk usaha kuliner Anda agar banyak pelanggan yang tertarik lagi dengan apa yang telah Anda cipatakan.

  1. Berdo’a

Berdo’a ada di bagian akhir dari tips memulai usaha kuliner ini. Namun, bukan berarti ini kurang penting, akan tetapi inilah yang harus Anda lakukan sejak awal. Saya menaruhnya di bagian terkhir agar ini adalah hal terakhir yang harus Anda ingat, agar menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan.

Berdo’a sebelum memulai usaha sangatlah penting. Sebab tuhanlah yang memberikan rizki kepada kita. Jika do’a Anda terkabulkan, bersiap-siaplah untuk menyandang kesuksesan untuk usaha Anda.

 

Baiklah, saya rasa cukup panjang juga ulasan kali ini. Dan saya berharap agar apa yang saya berikan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Tetap optimis,, jangan mudah putus asa. Kesuksesan Anda telah menunggu di depan mata.. salam…

Penulis: Trie Apriyanti

Foto Profil dari Trie Apriyanti

One comment

  1. 100% Modal Pendanaan / Loan sebesar 3% per Tahun
    Hubungi kami sekarang Via Email: rose_investments@aol.com

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...