Keuangan » Perencanaan » Tips Memulai Usaha Kecil Di Bidang Kuliner

Tips Memulai Usaha Kecil Di Bidang Kuliner

Dalam setiap usaha, pasti memerlukan sebuah tips jitu agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dan tetap berjalan dengan baik, termasuk juga usaha kuliter tentunya. Tips tersebut meliputi banyak hal yang tentunya akan berguna untuk menjadi pilar dasar kokohnya sebuah usaha.

Anda yang baru saja ingin terjun di dunia bisnis kuliner, juga memerlukan banyak tips. Sebab, tidak serta merta usaha baru Anda tersebut akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika sebelumnya Anda tidak mempersiapkan sebuah strategi yang mungkin akan sangat membantu usaha Anda jika diterapkan dengan baik.

Tips Bisnis Usaha Kuliner

Nah, tips dan strategi tersebutlah yang akan saya bahas kali ini, di mana dengan ini setidaknya mudah-mudahan usaha baru Anda bisa berkembang dan menghasilkan. Jika bisa sukses, itu lebih baik lagi.

Oke, tak panjang lebar lagi berikut tips memulai usaha kecil di bidang kuliner untuk pemula.

  1. Tentukan Jenis Kuliner Sesuai Keahlian Anda

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan jenis kuliner apa yang paling Anda kuasai. Atau, paling tidak Anda memiliki keinginan dan gairah yang kuat untuk membuat kuliner jenis tersebut.

Ada banyak jenis kuliner yang bisa Anda jual. Hanya saja, untuk memulai usaha kuliner pertama kalinya saya rasa cukup sulit untuk menjual semua jenis makanan.

Contoh: Anda pandai membuat kue, membuat sayur, dan membuat berbagai olahan khas daerah misalnya. Nah, di sini pilihlah jenis makanan yang paling Anda kuasai untuk membuatnya. Sebab, dengan memilih jenis makanan yang Anda kuasai, akan membuat apa yang Anda buat tersebut pasti akan siap untuk dijual. Saya rasa Anda pasti mengerti apa yang saya maksud.

  1. Riset pasar

Riset pasar yang saya maksud adalah melakukan penelitian terhadap minat konsumen di sekitar daerah usaha baru Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana perilaku loyalitas konsumen terhadap makanan yang akan menjadi target Anda. Jika hasilnya memuaskan, silahkan lanjutkan kuliner apa yang akan Anda jual.

Riset pasar di sini juga untuk melihat, seberapa banyak persaingan antara penjual di daerah Anda. Jika memang peluangnya masih besar, maka besar pula kemungkinan untuk sukses di usaha tersebut. So, lanjut ke tips berikutnya.

  1. Sempurnakan Calon Jualan Anda

Memang, fakta membuktikan bahwa tidak ada makanan yang selalu sempurna. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berusaha untuk paling tidak mendekati titik kesempurnaan dari makanan yang Akan Anda jual kepada orang lain. Mungkin menyempurnakan soal rasa, aroma, warna dan hal-hal lainnya agar lebih memuaskan pelanggan Anda.

Intinya, saat Anda mulai membuka usaha kuliner Anda, maka barang dagangan Anda pun harus benar-benar memiliki nilai jual. Agar Anda yakin apakah makanan Anda sudah pantas dijual atau belum, silahkan bandingkan dengan usaha di tempat lain yang menjual dagangan serupa dengan dagangan Anda.

Penulis: Trie Apriyanti

Trie Apriyanti

One comment

  1. 100% Modal Pendanaan / Loan sebesar 3% per Tahun
    Hubungi kami sekarang Via Email: rose_investments@aol.com

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...