Keuangan » Tips » Tips: Cara Menghemat Uang Belanja Di Pasar

Tips: Cara Menghemat Uang Belanja Di Pasar

pasarJika Anda suka belanja di pasar, pasti karena memiliki beberapa alasan. Bisa jadi karena tidak ada mall dan swalayan di daerah Anda. Atau karena mungkin, mall dan swalayan itu cukup jauh dari tempat tinggal Anda. Bahkan bisa jadi juga, karena harga-harga di pasar lebih murah, dan ini merupakan strategi Anda untuk menghemat uang belanja.

Apa pun alasan Anda, faktanya memang benar bahwa banyak sekali yang suka belanja di pasar, dengan alasan harga. Namun, bukan berarti memilih pasar sebagai tempat berbelanja, benar-benar membuat uang belanja Anda jadi lebih hemat.

Sebab, tanpa adanya perincian yang matang Anda akan termakan bujuk rayu banyak penjual, yang akhirnya bukannya mau menghemat, tapi justru mengeluarkan banyak uang. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui tips menghemat uang belanja di pasar, agar semua itu tidak terjadi.

Inilah cara menghemat uang belanja di pasar

1. Buatlah catatan saat ke pasar

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat sebuah catatan. Pada catatan ini, tulislah apa semua yang harus dibeli, berapa jumlahnya, warna apa dll. Buatlah sejelas dan sedetail mungkin, kemudian berilah nomor pada masing-masing jenis barang, dan urutkan dari yang terpenting terlebih dahulu.

Yakinlah tanpa membuat catatan saat ke pasar, Anda akan terombang-ambing oleh banyaknya barang-barang, ujung-ujungnya akan membeli hal-hal yang tidak terlalu penting. Dengan membuat catatan ini, agar Anda lebih fokus kepada barang-barang yang menjadi tujuan Anda untuk belanja. Dan pastinya dengan cara ini, membuat Anda lebih hemat.

2. Bawalah uang secukupnya

Jika Anda telah membuat catatan tentang apa semua yang harus Anda beli, kini saatnya bagi Anda untuk memperkirakan berapa total uang yang harus Anda keluarkan untuk keperluan tersebut. Jika telah mendapatkan hasilnya, bawalah uang secukupnya dan jangan melebihkannya kecuali hanya sedikit.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa yang namanya uang itu sangat cepat keluarnya. Berapa pun jumlah uang yang Anda bawa saat ke pasar, kemungkinan besar sebesar itu pula pengeluaran Anda saat itu. Intinya semakin banyak uang yang Anda bawa, semakin banyak pula pengeluaran Anda.

Saat melihat hal-hal baru, karena ada uang langsung dibeli. Melihat barang cantik, karena ada uang ya dibeli. Melihat baju bagus, karena ada uang, langsung di bungkus. Sampai akhirnya, uang Anda pun ludes untuk belanja hal-hal yang tidak diperlukan.

Padahal jika membeli keperluan secukupnya, tidak sampai seperti ini. Maka dari itu, membawa uang secukupnya sangat disarankan. Hal ini agar pemborosan tidak terjadi, dan pastinya lebih hemat lagi.

3. Carilah tempat yang memberikan diskon

Bicara tentang diskon, semua pasti mau bukan? Nah, di pasar juga sama kok dengan di mall, yang juga memberikan diskon kepada pembeli. Apalagi memang sejak dulu, di pasar ini memang terkenal dengan diskon-diskonnya.

Di pasar, banyak sekali tempat-tempat yang menawarkan seperti ini. Meski pun tidak tertulis dengan pasti, namun kebanyakan penjual yang ada memberikan diskon kepada pengunjung. Untuk itu, Anda bisa bertanya langsung kepada penjualnya, apakah tempat yang Anda tuju memberikan potongan harga atau tidak. Jika tidak, silahkan cari di tempat lain, agar Anda mendapatkan harga yang lebih murah, supaya lebih menghemat uang Anda.

4. Pintar-pintarlah menawar

Hal yang paling disukai banyak orang untuk belanja di pasar adalah barang-barang yang bisa di tawar. Karena ini berbeda dengan di swalayan, Anda harus memanfaatkan peluang ini. Tawarlah apa yang akan Anda beli, dengan harga yang kiranya akan mendapatkan kepuasan bersama. Anda senang, penjual juga senang.

Pintar-pintarlah saat belanja untuk menawar, agar Anda mendapatkan harga yang murah, sehingga tidak membebani kantong Anda. Jika dipadukan dengan membuat catatan, membawa uang secukupnya dan mencari tempat yang memberi diskon, maka ini akan menjadi tips ampuh untuk menghemat uang belanja di pasar.

Nah para pembaca, saya kira sekian dulu tulisan saya, semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda. Terimakasih..

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...