Keuangan » Perencanaan » Tips : Cara Mengajarkan Anak Supaya Hidup Hemat

Tips : Cara Mengajarkan Anak Supaya Hidup Hemat

Salah satu kebaikan yang harus Anda tanamkan kepada mereka adalah bagaimana supaya anak Anda membiasakan diri untuk hidup lebih hemat. Ini sangat penting, karena merekalah yang akan mewarisi harta Anda, dan merekalah yang akan melanjutkan hidup di kehidupan yang lebih sulit kedepannya.

celenganDengan mengajarkan anak supaya hidup hemat, diharapkan dapat membuat mereka terhindar dari sifat boros yang tentunya dapat merugikan mereka sendiri, atau pun Anda sebagai orang tua mereka. Untuk itu, Anda perlu tips berikut, agar anak-anak Anda terhindar dari semua itu.

Inilah tips mengajarkan anak supaya hidup hemat

1. Ajarkan menabung uang di celengan

Langkah pertama adalah, ajarkan anak Anda untuk menabung di celengan. Ajarkan kepada anak Anda untuk menyisihkan sebagian uang saku mereka yang Anda berikan, untuk disimpan di celengan yang telah Anda persiapkan.

Beri mereka masukan, bahwa dengan menabung mereka akan mempunyai banyak uang, dan bisa untuk membeli apa yang mereka inginkan. Dengan cara ini, pasti anak-anak akan senang menyisihkan uang mereka, hingga akhirnya mereka pun terbiasa untuk menabung di kemudian hari.

2. Ajarkan belanja kebutuhan seperlunya

Tips kedua ini, ajarkanlah anak-anak Anda untuk belanja kebutuhan seperlunya, dan secukupnya saja. Belanja di mana pun itu, baik di mall atau di pasar, selalu ingatkan mereka akan hal ini.

Jika perlu ajarkan kepada mereka tips menghemat uang belanja di pasar, agar ilmu mereka bertambah banyak. Dengan demikian, sifat boros anak-anak Anda karena belanja, dapat diminimalisir lagi.

3. Ajak anak untuk melihat orang-orang yang susah

Selanjutnya, ajak anak Anda untuk melihat orang-orang susah di luar sana. Pelajaran yang harus anak Anda dapatkan adalah, tentang kehidupan sederhana orang-orang susah tersebut. Misalnya dari tempat tinggalnya, pakaiannya, penghasilannya, dan apa yang mereka makan.

Ini dimaksudkan agar buah hati Anda jadi hidup lebih prihatin, dan jauh dari pandangan keatas yaitu sifat foya-foya. Jika demikian, maka peluang untuk membentuk pribadi yang hemat pun lebih besar lagi.

4. Berdo’a kepada Allah

Pada tahap terakhir ini, tidak sempurna rasanya kalau tidak melibatkan Allah di dalam urusan kita. Untuk membuat anak Anda menjadi orang yang baik dan hemat, Anda telah berusaha. Kini saatnya bagi Anda untuk berdo’a kepada Allah, agar memberikan kemudahan atas usaha yang Anda lalukan di dalam mendidik anak-anak Anda.

Di tangan Allahlah segala urusan manusia. Jika Ia telah berkehendak, mudah saja bagiNya untuk mengabulkan do’a Anda. Jadi, berdo’alah mulai sekarang.

Baiklah, cukup sekian tips membuat anak menjadi hemat, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa, jika Anda berkenan, silahkan bagikan tulisan ini.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...