Keuangan » Bisnis » Empat Tips Mengatur Keuangan Di Bulan Ramadhan

Empat Tips Mengatur Keuangan Di Bulan Ramadhan

Seluruh umat muslim didunia sudah memasuki bulan yang sangat ditunggu-tunggu yaitu bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan terjadi selama hampir satu bulan penuh. Pada dasarnya ketika bulan ramadhan datang banyak orang yang berfikir bahwa akan lebih irit dari bulan sebelumnya. Tapi faktanya tidak demikian karena walaupun tidak makan atau minum justru keuangan dibulan ramadhan jadi semakin membengkak dari bulan biasanya. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kegiatan yang dilakukan seperti buka puasa bersama atau bahkan sahur bersama yang dilakukan mulai dari teman sekolah sampai dengan rekan kerja. Selain itu, hal yang menyebabkan keuangan membengkak di bulan ramadhan adalah melonjaknya harga bahan pangan. Nah, disini akan disampaikan empat cara yang dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan tersebut sehingga tidak terjadi pemborosan. Check this out!

1.Membuat Perencanaan Keuangan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk berhemat adalah membuat perencanaan keuangan. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengatur keuangan kamu dengan baik. Pada dasarnya perencanaan keuangan harus dilakukan sebelum ramadhan datang. Namun, bagi kamu yang belum membuat mulai membuat perencanaan keuangan, jangan khawatir karena kamu bisa memulainya dari sekarang. Didalam tahap ini yang harus kamu ketahui adalah mendahulukan hal-hal yang bersifat utama dalam hidup kamu.

2. Membatasi Buka Puasa Diluar 

Berbuka puasa di luar rumah dengan teman atau keluarga setelah seharian berpuasa merupakan hal yang menyenangkan. Tapi, hal ini dapat menyebabkan pengeluaran kamu semakin membesar jika kamu lakukan terlalu sering. hal tersebut dikarenakan harga makanan atau minuman yang ditawarkan direstoran pasti jauh lebih mahal dibandingkan sebelum bulan puasa. Poin kedua ini juga berhubungan dengan langkah pertama yaitu mengutamakan hal yang harus dilakukan. Misalnya jika kamu ingin berbuka puasa dengan teman kuliahmu mungkin lebih baik jika kamu ajak berbuka dirumah saja agar pengeluaran dapat lebih hemat.

3. Berhenti Berbelanja

Jika kamu sedang berada disebuah mall pada saat Bukber pasti salah satu godaan terbesar adalah berbelanja baik itu belanja baju, sepatu ataupun kebutuhan yang lainnya. Kamu harus dapat menahan hasrat berbelanja pada bulan Ramadhan ini karena pasti uang yang kamu keluarkan untuk buka bersama mulai dari uang transport sampai uang makan itu sudah sangat besar.

4. Komitmen Terhadap Rencana Keuangan

Langkah terakhir yang menjadi kunci dalam berhemat adalah sebuah komitmen. Komitmen terhadap apa yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Jika kamu tidak bisa berkomitmen terhadap apa yang sudah kamu rencanakan, semua akan sia-sia saja. Jika kamu bisa berkomitmen teguh terhadap apa yang sudah kamu rencanakan kamu pasti akan dengan mudah berhemat.

Nah, itu dia empat tips berhemat yang dapat dilakukan untuk mencegah pemborosan di bulan ramadhan. Selamat berhemat!

Penulis: halomoney

Foto Profil dari halomoney
Halomoney.co.id adalah situs perbandingan keuangan yang dapat membantu kamu menemukan dan membandingkan berbagai macam produk keuangan seperti Kartu Kredit atau KTA dari berbagai bank terbaik di Indonesia.
x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...