Keuangan » Bisnis » Tips Membedakan bisnis MLM murni dengan MLM Money Game

Tips Membedakan bisnis MLM murni dengan MLM Money Game

Beberapa bulan terakhir ini, banyak bertebaran peluang bisnis di sekitar kita yang cukup menggiurkan untuk diikuti. Jenisnya juga bermacam-macam, mulai dari yang berjualan langsung, hingga penjualan secara berjenjang atau melalui jaringan.

Dan semua itu sangat wajar dilakukan guna memenangkan strategi dipasaran. Namun alangkah bijaknya jika kita perlu mengetahui dulu bisnis model apa yang bagus untuk dijalani yang tidak merugikan orang lain, khususnya bisnis yang menggunakan sistem networking (jaringan) atau yang di dunia awam dikenal dengan nama MLM.

network

image : theyec.org

Dan di luar sana ternyata banyak juga bisnis Money Game yang diselimuti dengan MLM, sehingga banyak yang terjerumus untuk menjalankan bisnis model ini karena ketidaktahuan mereka. Setelah mengalami kerugian barulah mereka sadar bahwa itu hanya bisnis Money Game.

Berikut beberapa tips cara mengetahui bisnis tersebut murni MLM atau Money Game yang berkedok MLM :

  1. Pada bisnis jaringan MLM murni biasanya mensyaratkan uang pendaftaran yang ringan bahkan gratis, jikalau bayar lebih mahal tentunya dibarengi dengan produk yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Berbeda dengan Money Game yang berkedok MLM, biasanya mereka meminta bayaran yang cukup tinggi untuk pendaftarannya tapi tanpa produk yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.
  2. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis Money Game berkedok MLM adalah bonus sponsor yang lebih besar dari penjualan produk mereka, jadi bisnis ini sangat menekankan membernya agar dapat merekrut anggota sebanyak mungkin dan bukan fokus pada menjual produk, karena produk bagi mereka adalah kedok agar bisnis mereka tidak dicurigai sebagai money game. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu ciri mendasar dari Money Game adalah tidak adanya produk, sehingga merekapun membuat produk buat melindungi bisnis mereka dari anggapan orang banyak.
  3. Pada bisnis MLM murni biasanya lebih fokus pada keuntungan penjualan, dan biasanya mereka memiliki banyak varian atau jenis produk yang bisa dijual para membernya. Untuk merekrut member bukan suatu kewajiban melainkan hanya pilihan saja jika mereka ingin lebih banyak mendapat untung. Tidak jarang bisnis MLM murni tidak memberikan bonus sponsor kepada member yang berhasil merekrut anggota, tapi memberi komisi jika terjadi penjualan produk di bawah jaringannya.
  4. Pada bisnis Money Game, siapa yang duluan masuk itu yang duluan kaya, lalu bagaimana dengan member yang terlambat masuk? Bisa dipastikan member tersebut akan susah kaya jika hanya mengandalkan bisnis tersebut. Memang benar para leader atau member di atas mereka membantu mencarikan anggota buat mereka, tapi tidak terus menerus bukan. Nah member yang di atas biasanya tinggal kerja sedikit saja buat mendapatkan keuntungan karena yang kerja keras adalah member yang di bawah, sangat tidak adil bukan?
  5. Bisnis MLM murni biasanya memberikan keuntungan besar kepada yang bekerja keras dan berhasil dalam menjualkan produknya, tidak perduli dia baru masuk atau sudah lama, karena itu tidak akan mempengaruhi keuntungan yang didapat.  Sehingga bisa saja member baru yang aktif akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dibanding dengan member lama yang kurang aktif. Sistem yang cukup adil bukan? Yang bekerja keras dialah yang mendapatkan hasil dan sebaliknya.

Oke semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam menentukan bisnis apa yang akan Anda pilih sehingga nantinya bisnis tersebut membawa keuntungan buat Anda dan orang sekitar bukan membawa malapetaka atau kesengsaraan. Selamat berbisnis…

Cover image : theyec.org

Penulis: Zainur Rochim

Foto Profil dari Zainur Rochim
Seorang manusia biasa yang hobby membaca, menulis dan belajar hal baru yang bermanfaat serta membagikannya agar jadi manfaat buat yang menerimanya.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...