Keuangan » Perencanaan » 5 Tips Sederhana Mengatur Uang Bulanan

5 Tips Sederhana Mengatur Uang Bulanan

Uang bulanan Anda selalu habis sebelum akhir bulan? Selalu terjebak pada tradisi gali lobang tutup lobang? Ini merupakan masalah keuangan yang bisa melanda siapa saja. Terutama bagi Anda yang menggantungkan penghasilan dari gaji bulanan. Gaji yang diterima di awal bulan, selalu tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga hingga akhir bulan. Nah, Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang sama bukan? Karena itu Anda harus memiliki strategi jitu dalam mengatur uang bulanan.

Sumber Gambar: www.tentangbunda.com

gambar: www.tentangbunda.com

Belovers, sebenarnya tidak penting berapa besar gaji bulanan yang Anda miliki. Namun yang terpenting adalah seberapa baik Anda mengatur keuangan setiap bulannya. Pada tulisan ini Blogekstra.com ingin berbagi  tips cerdas mengatur uang bulanan agar tidak habis di akhir bulan.

Susun Anggaran Belanja Secara Rutin

Tidak hanya negara yang perlu memiliki Anggaran Belanja. Rumah tangga juga perlu memiliki Anggaran Belanja Keluarga. Setiap bulan sebelum gajian Anda harus sudah menyusun Anggaran Belanja Keluarga selama satu bulan. Anggaran Belanja keluarga yang sehat haruslah lebih kecil dari penghasilan bulanan. Ini bertujuan untuk menghindari defisit di akhir bulan. Rancang Anggaran Belanja keluarga serinci mungkin. Utamakan pengeluaran rutin terlebih dahulu, sebelum membuat rencana pengeluaran lain.

Menyusun anggaran saja tidak cukup. Apalah artinya anggran belanja di atas kertas jika tidak direalisasikan. Oleh karena itu konsistenlah dengan anggran belanja yang sudah disusun. Hindari mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terdapat dalam Anggaran Belanja Keluarga, kecuali untuk hal-hal yang memang penting dan darurat.

Sisihkan Uang untuk Ditabung di Awal Bulan

Biasakan untuk menyisihkan uang untuk ditabung pada awal bulan saat menerima gaji. Jangan pernah menunggu uang sisa di akhir bulan untuk menabung. Karena cara tersebut tidak akan pernah efektif. Karena uang di tangan seringkali menggoda Anda untuk berbelanja hal-hal yang tidak perlu. Setoran tabungan ini harus dimasukkan sebagai pengeluaran prioritas dalam Anggaran Belanja Keluarga Anda.

Pisahkan Rekening Tabungan dan Rekening Gaji

Buat rekening terpisah untuk tabungan, jangan disatukan dengan rekening gaji. Buat rekening tabungan tanpa ATM. Hal ini bertujuan untuk menghindari godaan  menggunakan uang tabungan tersebut yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Hindari Jalan-jalan Ke Pusat Perbelanjaan Tanpa Tujuan yang Jelas

Jalan-jalan ke pusat belanjaan tanpa tujuan yang jelas akan membuat Anda lapar mata. Hal yang seharusnya tidak dibeli akhirnya dibeli. Produk-produk yang tersusun rap dan menarik di pusat perbelanjaan tersebut membuat Anda lapar mata. Akhirnya, dompet Anda terkuras untuk membeli sesuatu yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan.

Sisihkan Uang Untuk Sedekah

Agama mengajarkan untuk bersyukur. Salah satu wujud syukur atas rezeki yang diberikan Allah adalah dengan menyisihkan sebagian rezeki yang diperoleh untuk sesama. Masukkan budget sedekah dalam Anggaran Belanja Keluarga Anda. Seperti halnya tabungan, sedekah juga harus dikeluargan di awal bulan. Jangan pernah ragu untuk bersedekah, karena sedekah adalah kunci keberkahan dan kelancaran rezeki.

Demikian tips sederhana mengatur uang bulanan agar tidak habis di akhir bulan, semoga bermanfaat.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...