Keuangan » Investasi » Yuk Mengintip Rahasia Investasi Emas yang Menguntungkan

Yuk Mengintip Rahasia Investasi Emas yang Menguntungkan

Anda ingin tahu rahasia investasi emas yang menguntungkan? Seperti kita tahu, emas merupakan logam mulia yang tak pernah lekang sebagai benda atau harta simpanan. Dari sejak jaman dulu, sebelum sistem uang dikenal, orang-orang melakukan transaksi dengan menggunakan emas. Pada jaman Rasulullah pun emas menjadi alat transaksi yang barokah.

Rahasia Investasi Emas

Saat ini dalam sistem keuangan modern, emas tak lagi dijadikan sebagai alat penukaran dalam setiap transaksi. Emas telah digantikan uang yang sebenarnya nilainya tal sama dengan angka yang tertera pada lembaran kertas atau uang logam. Sehingga jika uang disimpan atau dijadikan investasi akan sangat berisiko jika nilai tukarnya turun.

Sebaliknya, tak demikian dengan emas yang nilainya relatif selalu naik. Emas pun tak bisa dipermainkan melalui kurs dalam sistem perekonomian global. Karena itu, bolah dikata, investasi emas sangat kecil risikonya, kalau tak boleh dikatakan tanpa risiko. Di sinilah letak rahasia investasi emas, tanpa anda melakukan apapun, simpanan emas anda akan aman sebagai investasi masa depan.

Ada beberapa tips yang mungkin perlu anda pertimbangkan dalam menanamkan investasi dalam bentuk emas, dengan memperhatikan teknik atau caranya, yaitu :

1. Investasi Emas Sendiri

Cara ini bisa anda lakukan secara mandiri tanpa melalui lembaga dengan menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi keuangan anda. Caranya, anda dapat membeli emas di toko emas dengan memilih kadar yang tinggi. Rahasia investasi emas cara ini terutama untuk mengambil untung dari harga saat membeli dan menjualnya kembali saat harga emas naik atau tinggi.

2. Investasi Emas Melalui Lembaga Resmi

Jika anda ingin menanamkan investasinya dalam bentuk emas melalui lembaga lain, saat ini telah banyak tempat yang menyediakan layanan itu. Diantaranya anda dapat menanamkan investasi dalam bentuk emas di kantor pegadaian atau membeli di PT Aneka Tambang (Antam). Cara investasi ini dapat anda sesuaikan dengan kondisi atau kemampuan keuangan anda.

Kalau di pegadaian, investasi emas yang disediakan mulai dari emas 5 gram hingga 1 kg dimana anda sebagai nasabah diberikan alternative antara membeli kas atau tunai maupun dengan mengangsur atau cicilan. Untuk sistim cicilan, anda hanya perlu membayar minimal 20 persen dari harga emas yang anda beli. Selanjutnya anda dapat mencicil dengan bunga yang cukup rendah. Namun disarankan anda tidak mengambil cara cicilan yang justru akan mengurangi keuntungan investas emas anda.

Untuk cara yang lebih aman, dengan risiko yang rendah, dan menguntungkan sebaiknya anda membeli emas di Antam yang lebih terjamin dengan kadar emas yang cukup tinggi. Rahasia investasi emas cara ini utamanya pada jumlah uang yang anda tanamkan dalam bentuk emas dan menjualnya saat harga emas naik.

Penulis: Yusuf Cahyono

Foto Profil dari Yusuf Cahyono

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...