Keuangan » Lain-lain » Tantangan Management Bisnis Untuk Usaha Kecil

Tantangan Management Bisnis Untuk Usaha Kecil

Management BisnisMasalah management bisnis kerap menjadi kendala besar terutama bagi para pelaku usaha kecil atau orang yang baru terjun ke dunia bisnis. Bukan hanya menyangkut cara mengelola produk atau produksinya, namun yang kerap kedodoran adalah pada pengelolaan keuangannya. Belum lagi semua bidang tak jarang diurus seorang diri sehingga menyebabkan perkembangan usahanya juga ikut-ikutan kedodoran.

Sebenarnya hampir semua bagian dalam sebuah pengelolaan usaha merupakankendala sekaligus tantangan yang dihadapi para pelaku usaha kecil. Sejumlah riset menemukan bahwa masalah manajemen keuangan merupakan problem utama yang sering muncul. Kendala ini terutama tumpang tindihnya antara pengelolaan keuangan bisnis dengan keuangan keluarga. Akibatnya, selain perkembangan bisnisnya seret, dampaknya juga pada keutuhan rumah tangga yang tak jarang ikut terganggu.

Forum Daerah Usaha Kecil dan Menengah (Dorda UKM) Yogyakarta juga pernah melakukan riset kecil-kecilan tetang kendala utama yang dialami para pelaku bisnis UKM. Ternyata, masalah pemasaran justru lebih mendominasi problem tersebut. Tak sedikit pelaku UKM yang mampu membuat produk yang berkualitas dengan standar tinggi, namun kesulitan dalam memasarkannya. Dengan kata lain, manajemen pemasaran menjadi hambatan untuk pengembangan usaha mereka.

Seperti pernah saya tulis pada postingan sebelumnya tentang Tips Memulai Usaha Kecil, jika anda aru pertama kali terjun ke dunia bisnis anda tak perlu teori apapun untuk menjalankan dan mengembangkan usaha anda. Langsung jalankan saja, dan apapun tantangan dan hambatan yang anda alami merupakan pengalaman yang sangat berharga yang dapat menjadikan anda menjadi besar.

Rasanya kita semua tentu paham dan sepakat bahwa untuk menjadi besar haruslah berangkat dari yang kecil terlebih dahulu. Tak ada pengusaha besar dan sukses saat ini yang tidak dimulai dari hal kecil. Kalau pun ada, mungkin mereka adalah anak-anak pengusaha yang masuk untuk meneruskan bisnis orang tuanya yang memang sudah besar. Dan jumlahnya, mungkin bisa dihitung dengan jari, dan itu bukan merupakan contoh yang baik dalam membangun sebuah bisnis.

Begitu juga menyangkut masalah pengelolaan usaha, anda dapat belajar dan mencatat berbagai tantangan maupun kegagalan anda untuk perbaikan di kemudian hari. Yang terpenting, jangan mudah menyerah dan berhenti menjadi pengusaha sebelum bisnis anda membuahkan hasil. Lantas, bagaimana cara praktis dalam mengelola management bisnis untuk usaha kecil, tunggu saja pada tulisan selanjutnya saya akan coba bahas lebih detal lagi

Penulis: Yusuf Cahyono

Foto Profil dari Yusuf Cahyono

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...