Keuangan » Perencanaan » Pentingkah Membuat Rencana Usaha yang Baik?

Pentingkah Membuat Rencana Usaha yang Baik?

Tak sedikit orang yang masih bingung dalam membuat rencana usaha yang baik. Tak sedikit pula calon pengusaha yang terlalu berlama-lama dalam merencanakan usaha dan akhirnya hanya berjalan di tempat alias tak ada aksi praktis sama sekli. Parahnya, tak seidkit pula diantara kita yang mungkin pernah mempunyai ekspektasi yang terlalu tinggi dalam membangun bisnis, dan akhirnya mentok ketika tak memiliki cukup sumber daya untuk menjalankannya.

Rencana Usaha

Rencana bisnis memang penting dan bagus untuk membangun dan menjalankan bisnis sesuai yang direncanakan. Meskipun demikian, kita sebaiknya jangan terlalu mendewakan terhadap suatu rencana bisnis. Kata anak muda jaman sekarang, kita tak perlu terlalu ‘paranoid’ dalam membuat atau menyusun rencana bisnis. Sebab kalau itu yang terjadi, bisnis tak akan pernah berjalan dan kita juga menjadi terlalu angkuh untuk belajar dari kegagalan dan pengalaman saat menjalankannya.

Rencana bisnis sebenarnya lebih merupakan ringkasan tertulis mengenai profil perusahaan dan bagaimana usaha tersebut akan dijalankan. Rencana bisnis juga mengakomodasi arah dan tujuan perusahaan yang ingin diraih dan strategi atau cara untuk mencapainya. Dengan gambaran ini, maka rencana bisnis memang wajib dibuat agar tujuan kita menjalankan bisnis juga jelas. Tentunya merupakan hil yang mustahal bila untuk mencapai sesuatu kita tidak tahu apa yang ingin dicapai.

Selain itu. tujuan membuat rencana usaha terutama adalah untuk memastikan jalannya operasional bisnis yang tepat sekaligus memberikan arahan terhadfap berbagai bagian agar berjalan secara sinergis. Yang juga tidak kalah pentingnya dari perencanaan bisnis adalah untuk mendapatkan dukungan investor maupun pihak lain yang mungkin akan bekerja sama dengan kita. Melalui rencana bisnis atau business plan inilah mereka dapat menilai seberapa prospek dan menjanjikan bisnis yang kita jalankan.

Dengan melihat berbagai hal tersebut, maka sebelum menjalankan suatu bisnis anda perlu membuat rencana usaha yang baik terlebih dahulu agar jalannya usaha terarah dan tertarget. Meskipun demikian, jika anda adalah pemain baru di dunia bisnis, anda tak perlu terlalu detail, terperinci, atau sempurna dalam membuat business plan. Tak sedikit hal-hal yang akan anda temukan di lapangan yang seringkali berbeda dengan yang direncanakan.

Lantas bagaimana cara membuat business plan dan apa saja unsur atau hal-hal yang perlu dibuat dan dimasukkan didalamnya? Untuk membahas tentang cara membuat rencana usaha yang baik, saya akan mencoba menjelaskannya dalam tulisan mendatang karena agak panjang.

Penulis: Yusuf Cahyono

Foto Profil dari Yusuf Cahyono

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...