Keuangan » Lain-lain » Contoh Surat Bisnis dan Tips Membuatnya

Contoh Surat Bisnis dan Tips Membuatnya

Bagaimana sih contoh surat bisnis yang baik itu? Jika anda adalah orang yang baru masuk atau terjun ke dunia bisnis, mungkin pertanyaan semacam itu sering muncul. Begitu juga jika anda adalah pelaku bisnis yang sedang melakukan ekspansi atau beralih usaha ke bidang baru, kadang membutuhkan surat bisnis yang agak berbeda dengan yang biasa anda lakukan.

Contoh surat bisnis

Memang, ada banyak sekali jenis surat bisnis yang ada. Ada tentang surat perkenalan bisnis baru, surat penawaran barang atau produk, surat perjanjian atau kontrak kerja sama, surat jual beli, dan sebagainya. Jenis surat tersebut tergantung topik atau tujuan dari pembuatan suatu surat resmi. Dengan kata lain, contoh surat bisnis akan semakin banyak jenisnya tergantung jenis komunikasi yang hendak anda bangun.

Bagi pelaku bisnis, surat menyurat merupakan suatu keharusan. Meskipun teknologi telah memudahkan dengan menyediakan berbagai perangkat komunikasi, namun komunikasi bisnis dalam bentuk surat menyurat tetap sangat diperlukan. Begitu juga dengan makin mudahnya akses internet dan persuratan melalui email, bagaimana pun juga persuratan melalui kertas ber-kop dan cap perusahaan merupakan hal penting dan menjadi bukti bisnis yang otentik.

Lantas bagaimana cara membuat surat bisnis yang baik dan adakah pula contoh surat bisnis?

Dalam membuat surat bisnis, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah isi pesan yang ingin disampaikan. Surat bisnis bukanlah surat cinta ataupun surat anak di rantau kepada orang tuanya untuk minta dikirimi uang kuliah. Surat bisnis juga bukan surat curhat yang terlalu lebay dalam mengungkapkan isi hatinya.

Surat bisnis merupakan komunikasi bisnis antara dua pihak atau lebih untuk meraih suatu tujuan bisnis. Karena itu, dalam membuat surat bisnis haruslah dilakukan dengan fokus pada inti pesan yang ingin disampaikan. Karena itu contoh surat bisnis yang baik umumnya tidak panjang, melainkan langsung pada inti pesan.

Selain itu, surat bisnis umumnya dilakukan sebagai tindaklanjut dari komunikasi verbal yang telah dilakukan sebelumnya, baik melalui telepon maupun melalui komunikasi tatap muka. Yang perlu anda perhatikan, keberhasilan suatu bisnis lebih banyak ditentukan negosiasi dan pendekatan persoalan dengan komunikasi lisan yang efektif. Setelah itu baru dibuatkan contoh surat bisnis sebagai bentuk formal atau resmi dari negosiasi yang telah anda lakukan sebelumnya.

Penulis: Yusuf Cahyono

Foto Profil dari Yusuf Cahyono

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...