Keuangan » Lain-lain » Apa Peran UKM dalam Sistem Ekonomi Indonesia?

Apa Peran UKM dalam Sistem Ekonomi Indonesia?

Pembangunan sistem ekonomi Indonesia tentunya perlu didukung oleh seluruh elemen, sehingga kemajuan yang diraih tidak hanya bersifat tumbuh ke atas saja namun juga terjadi pemerataan yang adil. Pengalaman sejarah tentunya memberikan pelajaran yang sangat berharga bagaimana dominasi pertumbuhan yang menggusur peemtaaan justru turut menghancurkan orde baru.

sistem ekonomi indonesia

Salah satu unsur atau bagian yang sangat penting dalam syruktur sistem ekonomi Indonesia adalah sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Lantas sejauh mana peran dan fungsi UKM dalam mendukung pembangunan ekonomi kita?

Selama ini kita mengetahui betapa seruan tentang penguatan sector UKM tak sedikit dikampanyekan pemerintah. Kalangan swasta, terutama pengusaha besar maupun lembaga dan organisasi lainnya juga ikut-ikutan meneriakkan betapa pentingnya sector ini sehingga perlu didukung dan dibantu. Namun bagaimana dengan realitasnya?

Asal anda tahu, pertumbuhan usaha kecil di Indonesia sebenarnya memperlihatkan fakta yang menggembirakan. Saat ini lebih dari 40 juta unit usaha yang ada di negara kita, namun perbandingan jumlah usaha besar dengan usaha kecil sangatlah timpang karena 99 persen diantaranya adalah usaha skala kecil dan menengah. Artinya, jumlah usaha skala besar hanya sekitar 1 persen saja.

Nah, dari 99 persen jumlah usaha skala kecil dan menengah tersebut, lagi-lagi ternyata sebanyak 98 persennya atau sekitar 39 juta lebih merupakan usaha skala mikro yang sebagian besar tidak memiliki izin atau badan hukum. Ini tentu merupakan fakta yang sangat menarik untuk ditelaah.

Apalagi kontribusi sektor usaha mikro dan kecil dalam memberikan nilai tambah bagi sistem ekonomi Indonesia juga sangat kecil. Ambil contoh saja dalam industri manufaktur, usaha kecil di sector ini hanya memberikan nilai tambah kurang dari 20 persen dan kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) kurang dari 58,2 persen, padahal jumlah unit usaha ini mencapai 99 persen lebih,

Harus diakui, tidak sedikit program maupun langkah nyata yang sudah dikeluarkan dan dilakukan pemerintah untuk memperkuat sector UKM. Namun hasilnya ternyata kurang efektif. Padahal, kemajuan sebuah negara harus didukung pelaku usaha di kelas menengah yang kuat. Dengan kata lain, selama peran dan fungsi UKM dalam sistem ekonomi Indonesia melempem alias tak berdaya, jangan harap Indonesia akan dapat berkembang menjadi negara maju.

Penulis: Yusuf Cahyono

Foto Profil dari Yusuf Cahyono

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...