Keuangan » Tips » Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, khususnya bagi mereka yang memiliki sumber pendapatan terbatas. Ini agar tidak terjebak dalam ketiadaan finansial setelah lebaran.

Seperti diketahui bersama bahwa lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu momen tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh mayoritas masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam. Pada saat inilah momen di mana orang merayakan kemenangan setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa.

Perayaan Hari Raya Idul Fitri dilakukan dengan banyak cara, di antaranya dengan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, liburan, dan kegiatan lain yang tentu saja memerlukan uang tidak sedikit. Oleh karena itu, perencanaan keuangan setelah lebaran sangat diperlukan guna menghindari kebingungan tidak adanya uang setelah lebaran.

Berikut beberapa tips perencanaan keuangan setelah lebaran:

1. Visualisasikan dengan Sempurna Situasi Lebaran Nanti

Usai perayaan lebaran tahun ini, mulailah dari sekarang untuk merencanakan libur lebaran tahun yang akan datang. Visualisasikan situasi lebaran nanti, tentukan tempat wisata yang hendak Anda kunjungi, aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan, dengan cara apa Anda datang ke lokasi wisata tersebut.

Sama seperti ketika Anda merencanakan keuangan Anda, liburan lebaran pun harus Anda direncanakan dengan matang. Tuliskan ingin seperti apa liburan Anda, dengan cara apa Anda ke tempat liburan itu, dan berapa lama di sana.

2. Tentukan Anggarannya

Anda biasanya menetapkan anggaran ketika merencanakan liburan Anda. Sama halnya seperti keuangan Anda, tentukan anggaran untuk mengelola pengeluaran bulanan Anda. Memiliki anggaran itu merupakan kunci bagi perencanaan keuangan yang baik. Perencanaan keuangan yang dipersiapkan dengan baik membuat Anda memiliki gambaran yang jelas berapa uang yang akan Anda habiskan untuk liburan lebaran itu, agar jangan sampai Anda kebingungan setelah lebaran karena tidak ada uang.

3. Putuskan Ke Mana Anda Hendak Berlibur Saat Lebaran

Anda memiliki gambaran yang jelas tentang tempat yang hendak Anda kunjungi dan telah menetapkan anggarannya. Selanjutnya, Anda putuskan ke mana Anda hendak berlibur. Dengan memutuskan ke mana Anda hendak berlibur, maka hal itu menjadi titik tolak apa yang seharusnya Anda lakukan.

4. Mulai Menabung

Setelah ditentukan anggaran dan tujuan ke mana akan berlibur, sekarang waktunya mulai menabung. Sama halnya dengan keuangan pribadi, tentukan rencana menabung. Memiliki perencaan menabung yang tepat akan memberikan kenyamanan finansial.

Pastikan juga bahwa tabungan Anda tidak seluruhnya untuk liburan, namun termasuk juga untuk alokasi-alokasi lain, termasuk perencanaan kesehatan dan pensiun, serta alokasi dana tak terduga. Dengan demikian, keuangan Anda nantinya akan stabil.

Empat poin di atas sebaiknya Anda lakukan secara konsisten agar tidak lagi terjadi kebingungan setelah lebaran tidak ada uang. Perencanaan keuangan setelah lebaran ini mutlak Anda lakukan, agar saat lebaran yang akan datang tidak harus meminjam sana-sini untuk memenuhi kebutuhan lebaran, dan setelah lebaran pun tetap aman dengan finansial Anda.

Selamat menabung dan nikmati kenyamanan hidup.

Ilustrasi: www.pexels.com

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Bitcoin

Bitcoin, Akankah Menjadi Mata Uang Global?

Bitcoin adalah mata baru yang diciptakan tahun 2009 orang seseorang yang tidak diketahui siapa nama ...