Keuangan » Info » Menabung Dalam Jumlah Banyak di Bank Tidak Menguntungkan

Menabung Dalam Jumlah Banyak di Bank Tidak Menguntungkan

Bagi Anda yang mempunyai sejumlah uang yang ditabung di bank, sebaiknya saat ini mulai memikirkan keuntungan lebih besar yang sebenarnya bisa anda dapatkan dari bank tempat anda menabung, apalagi jika jumlah uang yang anda tabung di tabungan konvensional itu cukup besar.

Yang dimaksud tabungan konvensional disini adalah semua jenis tabungan umum yang nilainya ditambah bunga mengambang (floating rate) dan dipotong biaya administrasi dan pajak setiap bulan. Bunga yang diperoleh tergolong sangat kecil, hanya mencapai 2 persen karena tidak diangaap sebagai simpanan investasi. Padahal dengan dana yang anda tabungkan, pihak bank sebenarnya bisa menikmati keuntungan lebih besar.

Cobalah untuk beralih ke jenis Deposito di bank yang sama tampat anda menabung. Meskipun berbeda-beda tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank, namun tetap saja lebih besar dan bisa mencapai 7 persen.

Deposito memang memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat diambil sewaktu-waktu karena ada perjanjian jangka waktu dan jatuh temponya. Tetapi anda tidak perlu khawatir, pakai saja jangka waktu terkecil yaitu 1 bulan dan biarkan diperpanjang secara otomatis (Automatic Roll Over).

Kekurangan lainya adalah jika anda ingin menghentikan dan menarik uang tidak pada saat jatuh tempo maka akan dikenakan penalti. Sekali lagi tidak perlu khawatir karena berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari salah satu bank swasta syariah, ternyata dendanya hanya berkisar 30-50 ribu rupiah dan uang langsung masuk ke tabungan konvensional yang tetap wajib kita miliki di bank tersebut sebagai syarat pembukaan deposito.

Bisa diprediksi bahwa kebutuhan penggunaan uang dalam jumlah besar tidak selalu dibutuhkan setiap bulan dan bisa jadi hanya sesekali. Maka kita bisa mendapat keuntungan lebih besar setiap bulan saat uang kita ditabungkan dalam bentuk deposito daripada tabungan konvensional.

Sedangkan pemilihan bank tempat anda menabung atau membuka deposito kembali kepada pilihan dan kepercayaan anda masing-masing. Namun belakagan ini bank-bank jenis syariah menunjukan nilai bagi hasil yang lebih menguntungan dibanding bank konvensional karena jika bank memperoleh keuntungan besar maka kita akan dapat bagi hasil yang lebih besar pula, tidak tetap seperti bank konvensional.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

8 comments

  1. Foto Profil dari Wely Hariyanto

    “Deposito memang memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat diambil sewaktu-waktu karena ada perjanjian jangka waktu dan jatuh temponya.”

    Kalo saya pernah coba2 deposito di Bank Muamalat. Bisa juga kok diambil sewaktu2, hanya saja sebagai ganti pembatalan kontrak kita dikenakan potongan Rp. 50rb.
    Wajarlah daripada ga boleh diambil :)

  2. Foto Profil dari jopik

    betul mas bro cuma 30-50 ribu aja,tetapi kalau bulan bulan sebelumnya deposito tetap berjalan maka kita udah dapet untung kan….tetep untung,daripada ditabung biasa…

  3. klo bisa tambahin info setoran minimal deposito untuk tiap masing2 bank yang ada di Indonesia…
    tnq

  4. Foto Profil dari jopik

    klo setoran minimal deposito tiap bank beda2,tapi rata2 minimal 2 jutaan.

  5. Saran saya untuk membuka Deposito di Bank BTN Syariah. memang sama juga tidak bisa diambil sewaktu waktu, akan tetapi ketika kita ambil sebelum jatuh tempo, tidak ada biaya penalti. hanya saja bagi hasil dibulan berjalan tidak dibayarkan. so, uang pokok kita tetap utuh tidak ada potongan penalti :)

  6. Foto Profil dari jopik

    bisa juga,tinggal dilihat mana yang memberi keuntungan bagi hasil yang paling menguntungkan saja…kita kan selalu cari untung….wkwkw

  7. Jadi kita hrus nabung di bank mna yang ga ada ptonngan nya trus menguntungkan..?
    Mohon jawabanya ya ka…?

  8. Foto Profil dari jopik

    waduh,kanyanya semua bank pasti ada potongan atau biaya administrasinya,cuma kadang istilahnya saja yang beda2.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...