Keuangan » Peluang » Yuk Mempetakan Peluang Bisnis Musiman yang Prospektif

Yuk Mempetakan Peluang Bisnis Musiman yang Prospektif

Peluang bisnis musiman sebenarnya selalu datang silih berganti. Dari peluang usaha yang satu ke peluang yang lain sehingga jika anda pandai memanfaatkan momentum ini, hal ini bisa menjadi bisnis berkelanjutan yang tak akan pernah putus. Kepekaan bisnis memang menjadi syarat pertama yang harus anda miliki agar mampu menangkapnya dan mengolahnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

Dari berbagai jenis peluang bisnis musiman yang ada memang beberapa membutuhkan modal besar dan persiapan yang matang. Namun tak sedikit pula paluang usaha yang justru tidak membutuhkan modal ataupun ketrampilan tertentu. Bisnis semacam ini umumnya lebih bersifat temporer dan terikat oleh waktu. Sehingga agar anda berhasil dalam bisnis semacam ini, maka kemampuan dan kepekaan untuk menangkap dan menyiasati menjadi hal yang amat penting.

Peluang Bisnis Musiman

Postingan kali ini mencoba mengajak anda untuk mempetakan berbagai jenis peluang bisnis musiman, sehingga anda akan memiliki data yang cukup detail. Dengan informasi ini anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya saat peluang itu datang dan bisa mengolahnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

1. Peluang Bisnis Musiman Yang Datang Pada Bulan Tertentu

Tak sedikit peristiwa penting yang terjadi pada setiap bulan tertentu yang menyimpang banyak peluang usaha yang sangat prospektif, yaitu antara lain:

Bulan Agustus : Perayaan Hari Kemerdekaan RI merupakan momentum dimana berbagai instansi pemrintah, sekolah, maupun perorangan membutuhkan berbagai bendera maupun atribut yang berhubungan dengan perayaan tersebut. Termasuk penyelenggaraan berbagai lomba yang diadakan dalam memeriahkannya juga memberikan peluang tak sedikit. Persewaan pakaian perjuangan, penjualan bendera, umbul-umbul, dan berbagai asesoris kemerdekaan termasuk banyak dibutuhkan pada saat momentum tersebut.

Bulan Juni – Juli : Banyak peristiwa penting berlangsung pada periode ini, seperti tutup tahun ajaran dan dimulainya tahun ajaran baru, liburan sekolah, maupun penyelenggaraan wisuda. Peristiwa ini tentunya membutuhkan berbagai peralatan sekolah, dari tas, sepatu, buku tulis, seragam, hingga pakaian wisuda. Banyak jenis bisnis yang bisa ditangkap dari sini, seperti penjualan buku tulis dan peralatan sekolah, jasa jahit seragam, sewa toga wisuda, traveling, salon, hingga jasa foto wisuda.

2. Peluang Bisnis Musiman Berdasarkan Musim Dan Kondisi Alam

Adanya dua musim yang ada di negara kita, yaitu musim kemarau dan musim hujan, juga memberikan peluang usaha yang tak kalah prospektifnya.

Peluang usaha saat musim kemarau antara lain bisnis minuman dingin, seperti jus, es buah, atau minuman segar lainnya, atau pun jasa service AC. Sedangkan peluang usaha yang terbuka lebar dan banyak dibutuhkan saat musim kemarau antara lain bisnis makanan dan minuman hangat ataupun cemilan, usaha laundry, jasa persewaan paying atau jas hujan, jasa cuci kendaraan, dan sebagainya.

3. Peluang Usaha Di Bidang Olahraga

Banyak sekali even olahraga, baik di tingkat lokal maupun internasional yang memberikan peluang usaha yang terlalu sayang jika dilewatkan. Untuk menjalankan bisnis ini tidak harus dilakukan di lokasi tempet even diadakan.

Beberapa even olahraga yang sering diadakan antara lain, penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON), kompetisi antar klub atau sekolah, dan sebagainya. Menyambut even tersebut anda bisa berjualan busana atau atribut olah raga, souvenir dan oleh-oleh khas daerah, dan sebagainya.

Momentum Piala Dunia 2014 yang lalu barangkali memberikan pengalaman untuk anda betapa penggemar olahraga sepakbola di tanah air cukup fanatik dengan larisnya jersey yang dijual toko-toko online maupun butik offline.

peluang usaha musiman

4. Peluang Usaha Musiman Yang Berhubungan Peristiwa Tertentu

Peristiwa Keagamaan – Ada banyak peristiwa keagamaan yang memberikan peluang bisnis sangat prospektif. Diantaranya Bulan Ramadhan dan Lebaran dimana banyak pelaku bisnis dan industry yang berlomba memanfaatkannya. Dari bisnis makanan berbuka puasa atau kue lebaran, jasa angkutan, penjualan busana, atau jasa wisata. Lebaran haji jga membuka peluang bisnis hewan korban hingga oleh-oleh haji.

Peristiwa Politik – Penyelenggaraan pemilu atau pilkada juga memberikan peluang bisnis musiman yang tak kalah menggiurkannya, seperti usaha jasa sablon, pembuatan kaos partai, jasa percetakan, dan sebagainya.

Gambar Ilustrasi : pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...