Keuangan » Lain-lain » Yuk Berkaca dari Kisah Pengusaha Sukses Akio Morita

Yuk Berkaca dari Kisah Pengusaha Sukses Akio Morita

Kisah pengusaha sukses memang kerap memberikan inspirasi yang berharga dalam membangun sebuah bisnis yang berhasil. Jika anda ingin atau tertarik untuk terjun ke dunia usaha tak ada salahnya belajar dari para pelaku bisnis yang telah sukses. Namun dalam proses pembelajaran ini sebaiknya anda tak hanya terpaku pada keberhasilannya saja yang sering kali menjebak kita berada dalam idealita di angan belaka.

Salah seorang pengusaha sukses yang layak jadi cermin kita kali ini adalah Akio Morita. Tokoh yang satu ini dikenal ahli dalam menyusun strategi bisnis sekaligus juga piawai dalam menangkap peluang usaha yang ada. Tingginya sense of business yang dimiliki pebisnsi Jepang ini berpadu dengan wawasan dan pengetahuannya yang luas. Dengan berbekal sensitivitas tersebut, akhirnya di berhasil membangun kerajaan bisnis Sony Corporation yang luar biasa.

Kisah Pengusaha Sukses

Lelaki kelahiran 26 Januari 1921 ini memang lahir dari keluarga bisnis yang menjalankan usaha membuat bir sake Jepang. Perusahaan keluarga itu pun telah berlangsung turun temurun hingga beberapa generasi. Namun menariknya, Morita kecil ini jusru tidak tertarik dengan soal minuman keras ataupun dunia food and baverage yang digeluti keluarganya tersebut. Sejak SD, Morita justru lebih menyukai mata pelajaran Fisika dan Matematika, serta senang sekali mengutak-atik dan membongkar peralatan elektronik.

Padahal sang ayah yang bernama Kyuzaemon telah mempersiapkannya untuk mewarisi bisnis bir sake mmilik keluarga tersebut. Bahkan ketertarikan morita terhadap hal-hal yang berbau teknologi dan penemuan baru itu tak mampu dicegah ayah maupun keluarganya, termasuk saat Morita memilih jurusan Fisika saat kuliah di Osaka Imperial University dan lulus tahun 1944.

Akio Morita Bertarung di Sarang Buaya

Pada tanggal 7 Mei 1946, setelah pulang dari mengikuti perang dunia, Morita kemudian turut mendirikan Tsushin Tokyo Kogyo, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi telekomunikasi bersama Ibuka. Namun berkat ketajaman bisnisnya, perusahaan itu tak membutuhkan waktu lama untuk berkembang, meski Jepang baru saja kalah dari Perang Dunia II.

Keberhasilan ini terutama berkat ketajamannya dalam menangkap peluang. Saat itu, sebuah perusahaan elektronika besar di Amerika Serikat bernama Bell Laboratories baru saja mengumumkan temuan barunya tentang transistor pada tahun 1947. Uniknya, Morita justru tergugah saat temuan itu justru ditolak banyak perusahaan elektronika di Amerika karena dikhawatirkan justru akan menggusur produksi radio tabung yang saat itu sedang digadrungi masyarakat di negeri Paman Sam.

Saat itu pula Morita terbang langsung ke AS dan membeli lisensi transistor temuan baru tersebut dengan biaya yang tidak kecil. Hanya dalam waktu 2 tahun, dengan menggunakan teknologi transistor tersebut perusahaan milik Morita berhasil membuat radio transistor portable pertama di dunia dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan lebih ringan, da harganya jauh lebih murah dibandingkan radio tabung.

Seiring dengan itu, Morita juga melakukan langkah yang sangat strategis. Selain mengubah nama perusahaan menjadi Sony Corporation pada tahun 1958 agar lebih mudah diucapkan, Morita juga mendirikan perusahaan Sony Corporation di Amerika yang dikenal jagoan dalam radio tabung. Bagi sebagian anak buahnya, strategi ini dinilai seperti layaknya unggas yang memasuki sarang buaya.

Dan apa yang terjadi kemudian? Hanya dalam jangka waktu 3 tahun, radio transistor buatan Sony Corporation mampu menguasai pasar di AS maupun di berbagai negara lainnya dan mengalahkan radio tabung. Nama Sony Corporation pun melesat bak anak panah dan menjadi perusahaan elektronika termuka di dunia. Itulah sedikit kisah pengusaha sukses Akio Morita yang semoga bukan untuk sekedar pengantar dongeng tidur.

Sumber foto: youtube.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...