Keuangan » Perencanaan » Tips Mudah Membuat Perencanaan Keuangan

Tips Mudah Membuat Perencanaan Keuangan

Membuat Perencanaan KeuanganBagi sebagian besar orang membuat perencanaan keuangan tidaklah mudah. Apa yang mau direncanakan kalau pendapatan saja pas-pasan. Begitu mungkin anggapan mereka. Padahal, dengan perencanaan yang baik, penghasilan atau gaji pas-pasan saja bisa menghasilkan tabungan yang sangat berguna di kemudian hari. Inti perencanaan terletak lebih pada kedisiplinan dan kemauan kita untuk melakukannya.

Masalah perencanaan keuangan sesungguhnya berhubungan erat dengan bagaimana kita merencanakan hidup kita. Dari sejak remaja, atau bahkan anak-anak, kalau kita terbiasa dengan perencanaan, maka hidup pun akan terasa lebih mudah dijalani. Apalagi ketika akan membangun rumah tangga, merencanakan keuangan menjadi bagian penting untuk membahagiakan pasangan dan anak-anak kita.

Menyangkut besar kecilnya penghasilan tentunya bukan merupakan patokan untuk menhesampingkan masalah perencanaan keuangan. Kalau pun gaji anda mencapai puluhan juta per bulan, namun kalau anda tidak melakukan perencanaan degan baik, maka penghasilan sebesar itu pun masih anda anggap kecil dan pas-pasan. Sementara bagi yang bergaji 1 atau 2 juta perbulan namun pandai merencanakan keuangannya, sudah relative mencukupi dan mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya dengan baik.

Sekali lagi, masalah prencanaan keuangan lebih terletk pada kemauan kita untuk mengatur diri dan displin dengan aturan yang telah kita buat. Tips berikut mungkin berguna buat anda dalam membuat perencanaan keuangan.

  • Buat daftar kebutuhan anda, dan susunlah berdasarkan prioritasnya. Tempatkan kewajiban kepada pihak lain, seperti kredit motor atau cicilan rumah pada urutan pertama.
  • Buat rekening bank yang khusus untuk tabungan anda dan bedakan dengan rekening harian anda. Pilih jenis rekening yang tidak menggunakan kartu ATM dan tidak mengharuskan adanya biaya administrasi bulanan.
  • Setiap menerima gaji, atur pengeluaran anda berdasarkan skala prioritas yang telah anda tetapkan. Jangan lupa untuk menyisakan sekitar 10 persen dari penghasilan bersih setelah dikurangi cicilan dan kewajiban kepada pihak ketiga lainnya.
  • Saat berbelanja kebutuhan bulanan rumah tangga anda, catat dan belilah barang sesuai kebutuhan. Kalau perlu bawa uang sesuai yang dialokasikan saja. ¬†Dalam¬†membuat perencanaan keuangan ini pilihlah tempat belanja grosir yang harganya lebih murah dari supermarket atau toko lainnya.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...