Keuangan » Peluang » Tips Menangkap Peluang Bisnis Rumahan

Tips Menangkap Peluang Bisnis Rumahan

Peluang Bisnis RumahanApa saja peluang bisnis rumahan yang menguntungkan? Memang ide bisnis bisa berasal dari mana saja, termasuk dari lingkungan terdekat. Karena itu jika anda ingin terjun ke dunia bisnis dan sedang mencari peluang usaha, mungkin anda bisa melihat lingkungan terdekat anda. Cermati tren atau kecenderungan apa yang sedang meningkat saat ini.

Kesuksesan dan kekayaan tidaklah berkolerasi dengan pendidikan atau kepemilikan modal. Untuk meraih keberhasilan dalam suatu usaha juga tidak dibutuhkan modal besar ataupun pendidikan yang tinggi. Bahkan masalah pengalaman juga bisa diperdebatkan apakah betul menentukan sukses tidaknya suatu bisnis yang dijalankan atau tidak.

Karena itu, anda tak perlu ragu atau rendah diri bila tidak memiliki berbagai hal tersebut sementara anda ingin sekali terjun ke dunia bisnis. Justru dengan niat dan keinginan yang kuat itulah yang sangat menentukan bagaimana anda focus dalam menjalan bisnis hingga berhasil.

Berikut beberapa jenis peluang bisnis rumahan yang menguntungkan sekaligus cukup mudah dijalankan.

  1. Peluang Bisnis Laundry – Jenis bisnis ini sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Ada tetangga saya yang saat ini sampai kewalahan menjalankan bisnis laundry. Padahal, awalnya tak ada niat untuk terjun ke dunia bisnis. Hanya karena ada saudaranya yang sering mengeluh kerepotan mengurus rumah tangganya setelah ditinggal pembantunya, dia pun menerima permintaan saudaranya itu untuk membantu mencucikan pakaian. Hanya berbekal mesin cuci bekas yang dibelinya seharga Rp 400 ribu, kini dia mampu mempekerjakan dua orang untuk mengurus bisnisnya. Kebanyakan order justru datang dari tetangga yang umumnya memang sibuk bekerja diluar rumah. Apalagi dengan system kiloan sehingga harganya lumayan murah, sehingga banyak tetangga yang memanfaatkan jasanya.
  2. Peluang Bisnis Kerajinan – Bisnis ini juga termasuk tidak membutuhkan keahlian atau modal yang berarti. Kali ini ada teman yang mempunyai pengalaman cukup menarik. Teman ini awalnya bekerja di sebuah perusahaan swasta dan tak ada rencana untuk terjun ke bisnis. Namun karena jaringannya yang cukup luas, dia pernah diminta mengantar tamu asing ke tempat kerajinan besek (anyaman dari bambu) di Jogja. Karena ordernya banyak, teman ini akhirnya mengerahkan istri dan anak-anaknya untuk membantu membuat kerajinan itu. Saat ini, teman ini telah menjadi eksportir karena produk-produk kerajinan buatannya banyak yang diekspor ke sejumlah negara.

Itulah beberapa peluang bisnis rumahan yang menguntungkan namun relative mudah dijalankan dan semoga menginspirasi anda yang ingin terjun ke dunia bisnis tanpa harus menunggu modal terlebih dahulu.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...