Keuangan » Properti » Tips Memilih Kredit Rumah Murah

Tips Memilih Kredit Rumah Murah

Kredit rumah murah

Memilih Kredit Rumah Murah

 

Anda ingin tahu tips memilih kredit rumah murah? Rumah merupakan salah satu kebutuhan vital yang belum bisa dimiliki semua penduduk. Apalagi dengan makin mahalnya harga tanah dan tingginya biaya membangun rumah. Tak sedikit pula rumah-rumah yang dijual melalui kredit kepemilikan rumah (KPR) masih memberatkan calon pembeli.

Para pengembang umumnya bekerja sama dengan lembaga perbankan dalam menawarkan kredit rumah. Untuk membeli rumah secara kredit tentunya banyak persyaratan yang mesti anda penuhi. Diantaranya menyangkut besarnya pendapatan anda, adanya surat keterangan gaji bagikaryawan atau penghasilan bagi pelaku usaha, dan sejumlah surat keterangan lainnya yang memperkuat identitas anda.

Tentang besarnya cicilan, biasanya ditentukan tidak boleh melebihi dari 30 persen dari pendapatan bulanan anda. Sehingga kalau gaji bulanan anda sebesar Rp 3 juta, maka besarnya cicilan tidak boleh lebih dari sekitar Rp 1 juta. Lantas bagaimana caranya agar kredit rumah murah yang Anda ambil benar-benar murah? Berikut tips yang mungkin perlu Anda perhatikan.

  1. Pilih pengembang yang kredibel dan terpercaya, kalau perlu mintalah jaminan terhadap berbagai fasilitas yang dijanjikan, baik fasilitas bangunan rumah maupun fasilitas kawasan.
  2. Pilih lokasi perumahan di pinggiran kota yang lebih murah namun tidak terlalu jauh dengan kantor atau tempat kerja anda. Nah, untuk memastikan rumah yang Anda beli merupakan wilayah strategis anda dapat melihat rencana tata ruang kota ke pemda setempat.
  3. Pilihlah KPR yang menerapkan bunga fix sehingga anda lebih tenang dalam merencanakan keuangan Anda secara lebih stabil. Hindari memilih sistem bunga flat yang biasanya lebih sering memberatkan konsumen karena terlalu fluktuatif bunganya.
  4. Pilih tipe rumah yang sesuai kebutuhan anda. Kalau jumlah anak anda cukup banyak, ada baiknya mengambil tipe yang agak besar. Atau pilihlah dua rumah tipe kecil yang dapat anda renovasi untuk mendapatkan luasan rumah yang lebih longgar. Cara ini lebih efektif dan lebih menghemat keuangan anda dibandingkan harus membeli kredit rumah murah dengan tipe agak besar namun luasan bangunan kurang mencukupi.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...