Keuangan » Bisnis » Tips Memilih Bisnis Waralaba Murah

Tips Memilih Bisnis Waralaba Murah

bisnis waralaba

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkembangan atau pertumbuhan bisnis waralaba di Indonesia terbilang cukup pesat. Saat ini saja jumlah usaha waralaba di negeri ini sudah mencapai angka ribuan sebab banyak calon pengusaha yang memburu dan memilih untuk menginvestasikan dananya dalam usaha waralaba ini.

Waralaba memang merupakan alternatif terbaik bagi calon pengusaha yang belum pernah terjun ke dunia usaha. Potensi risiko dlam usaha waralaba jauh lebih rendah dibandingkan bila anda harus membangun sebuah bisnis dari awal. Sistem yang sudah terbangun dan teruji dalam waralaba menjadi keuntungan yang akan mendukung perjalanan usaha anda ke depannya.

Saat ini jenis waralaba yang banyak diminati adalah jenis waralaba kuliner, baik berupa makanan atau minuman. Semua orang memang membutuhkan makanan dan minuman, dari anak-anak hingga orang tua. Makanan juga merupakan jenis usaha yang tidakmengenal musim dan terbilang tak pernah ada matinya. Karena itu wajar jika jenis waralaba ini yang paling banyak diminati.

Teliti Potensi Bisnis Waralaba

Namun dalam memilih usaha waralaba sebaiknya anda jangan sekedar ikut-ikutan tren. Apalagi jika anda tidak memahami dunia kuliner, bisa-bisa investasi besar yang anda tanamkan dalam usaha itu akan ludes tanpa memberikan hasil sedikitpun. Waralaba merupakan salah satu bentuk tawaran investasi, sehingga anda sebagai sebagai calon pembeli harus teliti dalam mempelajari tawaran tersebut. Nah, bagaimana memilih bisnis waralaba murah yang menguntungkan dan terbaik untuk anda, berikut tipsnya.

Pilih jenis waralaba yang anda sukai atau setidaknya anda cukup menguasai bidang itu. Kalau anda senang hunting kuliner, tak ada salahnya memilih waralaba jenis makanan.

Cermati dan teliti prospektus penawaran suatu waralaba yang hendak anda pilih. Pelajari perjalanan usaha waralaba tersebut, terutama menyangkut laporan keuangan 2 tahun terakhir serta potensi keuntungannya. Apabila ada yang janggal, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi atau mengajak berdiskusi franchisor atau pemilik waralaba.

Cermati legalitas usaha, identitas franchisor atau pemilik waralaba, data identitas dan perizinan usahanya, struktur personalia yang ada dalam waralaba itu, maupun latar belakang mereka dalam dunia usaha.

Lakukan riset pasar kecil-kecilan di daerah anda tentang jenis waralaba akan anda pilih. Hal ini penting agar bisnis waralaba anda nantinya akan disambut calon konsumen anda dengan baik sehingga usaha anda dapat berkembang sesuai yang anda harapkan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...