Keuangan » Perencanaan » Tips Membeli Kredit Motor Bekas

Tips Membeli Kredit Motor Bekas

Kredit Motor BekasMembeli kredit motor bekas merupakan cara terbaik bila anda sedang tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli secara tunai. Dengan kredit, anda masih dapat mengatur keuangan anda dan memenuhi kebutuhan lainnya yang dirasakan mendesak. Membeli kredit motor bekas dapat dilakukan melalui dealer motor ataupun pemilik motor perorangan yang masih dalam masa kredit.

Kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi terhadap kendaraan bermotor roda dua juga mendorong banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan program kreditnya. Baik untuk kendaran yang baru maupun bekas. Khusus untuk motor bekas, tingginya permintaan masyarakat tersebut juga mendorong tumbuhnya usaha dealer motor bekas yang dijalankan pengusaha-pengusaha berskala kecil.

Membeli sepeda motor bekas secara kredit memang berisiko. Diantaranya motor sudah pernah dipakai sehingga mempunyai potensi terhadap berat ringannya kerusakan yang ada. Apalagi jika dealer atau penjualnya tidak terbuka dan jujur dalam mengungkapkan kondisi motor. Meskipun pihak dealer biasanya juga menyediakan garansi meski dengan waktu yang terbatas.

Memilih Kredit Motor Bekas

Membeli sepeda motor bekas memang akan lebih murah bila dilakukan secara tunai. Namun bila keuangan anda terbatas, berikut sejumlah tips yang sebaiknya anda perhatikan bila hendak membeli kredit motor bekas.

  • Memilih motor bekas tentu berbeda sekali dengan membeli motor baru. Anda harus benar-benar teliti saat memeriksa moor yang anda minati agar tidak kecewa di kemudian hari. Periksa dan tanyakan kekurangan atau kelemahan motor yang Anda pilih dan mintalah garansi yang cukup bahwa kondisinya seperti yang diutarakan oleh penjualnya.
  • Pilih lembaga pembiayaan ataupun dealer motor yang memiliki reputasi baik, khususnya dalam melayanani kredit motor bekas. Sebab ada layanan kredit yang diberikan jaringan dari dealernya dan ada juga kredit dari lembaga pembiayaan sebagai pihak ketiga.
  • Cermati besarnya bunga maupun sistim kreditnya, dan pilihlah kredit jenis fix agar Anda tidak kaget dengan fluktuasi perubahan suku bunga perbankan.
  • Sesuaikan kemampuan keuangan Anda dengan besarnya uang muka maupun cicilan bulanan yang disyaratkan. Agar bunga kredit tidak terlalu memberatkan, pilih jangka waktu kredit motor bekas tercepat yang sesuai dengan kemampuan anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...