Keuangan » Lain-lain » Tips Hemat Belanja Murah

Tips Hemat Belanja Murah

Belanja MurahBelanja Murah – Setiap keluarga tentunya mempunyai tempat belanja favorit dalam memenuhi kebutuhan bulanannya. Super market atau mini market, pasar swalayan, toko kelontong, maupun pasar tradisional merupakan tempat-tempat yang banyak dipilih sebagai tempat belanja barang-barang dan kebutuhan rumah tangga.

Dibandingkan pasar tradisional ataupun toko kelontong, pasar swalayan umumnya lebih favorit mengingat lokasinya yang lebih bersih dan kebebasan dalam memilih barang yang diinginkan. Apalagi ragam produk yang dijual juga tak kalah lengkapnya dibandingkan di pasar tradisional. Dari kosmetik, peralatan mandi, makanan instan, buah-buahan, hingga sayuran segar juga tersedia di pasar swalayan.

Penataan barang yang rapi dan banyaknya pilihan produk yang menarik tak jarang membuat kita seringkali terjerumus dalam euphoria belanja. Apalagi bila kita membawa dompet tebal dengan isi berlebih setelah suami gajian, barang-barang yang mungkin tak direncanakan bisa masuk dengan mudahnya ke dalam keranjang belanjaan. Setelah sampai di rumah, kita baru sadar dan mungkin sedikit menyesal bahwa barang yang kita beli ternyata tidak begitu dibutuhkan.

Tips Belanja Murah

Untuk menghemat pengeluaran sekaligus belanja barang murah, sebenarnya ada caranya. Ingin tahu bagaimana tips hemat belanja murah, simak uraian di bawah ini.

  1. Buat list atau daftar barang yang ingin dibeli. Untuk belanja bulanan biasaya jumlah barang yang dibutuhkan relatif banyak, sehingga dengan mencatatnya akan memudahkan untuk mengingat serta mendisiplinkan diri berbelanja berdasrkan daftar, bukan berdasarkan emosi dan nafsu.
  2. Belanja dalam jumlah besar. Pasar swalayan maupun took umumnya memberikan diskon atau potongan harga untuk jumlah belanja tertentu. Dengan daftar dan kebutuhan bulanan, tentunya tidak seidkit barang yang hndak dibeli. Karena pilihlah swalayan yang menyediakan diskon untuk jumlah belanja tertentu.
  3. Pilihlah swalayan, toko, atau kios grosir. Dengan berbelanja di tempat kulakan, maka harganya sudah tentu lebih rendah dibandingkan harga di swalayan, supermarket, atau toko biasa.
  4. Pilih dan manfaatkan swalayan yang menyediakan layanan membership. Untuk pendaftarannya biasanya gratis, dan anggota yang berbelanja rutin di tempat semacam ini biasanya akan mendapatkan reward, hadiah, atau bonus seperti voucher diskon atau belanja gratis. Tak jarang juga diadakan undian berhadiah untuk membership semacam ini yang tentunya bermanfaat untuk anda. Itulah tips hemat belanja murah yang semoga bermanfaat.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...