Keuangan » Peluang » Tips Cara Membuat Tas Ramah Lingkungan

Tips Cara Membuat Tas Ramah Lingkungan

Cara Membuat Tas Ramah LingkunganCara membuat tas ramah lingkungan sebenarnya cukup mudah namun sangat potensial dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan. Selain bahan bakunya cukup melimpah dan murah, bahkan mungkin gratis, tas semacam ini juga berguna sebagai upaya mengurangi banyaknya sampah yang menumpuk. Bahan baku yang dapat digunakan diantaranya kain sisa penjahit, bekas bungkus makanan, kantong plastik, dan sebagainya.

Untuk bentuk tas, anda juga dapat brkreasi untuk membuatnya menjadi beragam jenis dan bentuk tas sesuai target pasar yang ingin anda raih. Bisa berupa tas sekolah, tas kerja, tas belanja, tempat laptop tempat handphone atau gadget. Sedangkan untuk bentuknya, bisa berupa tas jinjing, tas ransel, tas koper, tas cangklong, dan sebagainya.

Dengan sedikit sentuhan kreativitas, sebuah tas ramah lingkungan juga terlihat trendy dan unik karena berbeda dengan kebanyakan tas-tas lainnya. Sedangkan menyangkut harganya, anda bebas menentukan sendiri karena tidak ada pembandingnya. Biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat tas semacam ini paling biaya tenaga kerja, mesin jahit, dan peralatan jahit lainnya, seperti benang maupun asesoris lainnya.

Cara Membuat Tas Ramah Lingkungan

Untuk cara membuat tas ramah lingkungan berikut tahapan atau tata caranya yang semoga bisa memberikan sedikit panduan untuk anda.

  1. Bahan baku yang akan digunakan mesti dibersihkan terlebih dahulu, terutama bekas bungkus makanan instan yang mungkin kotor. Untuk kain goni yang agak kasar dan dapat menimbulkan gatal jika terkena kulit mungkin perlu dilunakkan dengan dicelupkan atau direbus dalam air kanji. Begitu jika bahan baku lainnya hingga siap dibuat.
  2. Bikin dumy atau pola rancangan tas dalam bentuk gambar dengan ukuran yang pasti, apakah berbentuk ransel atau jinjing, tas laptop atau tas belanja, sehingga bentuk maupun ketebalannya terukur. Termasuk bentuk dan jumlah sisipan atau lapisan dalam tas agar lebih fungsional.
  3. Kemudian pilih bahan baku yang akan digunakan dengan mencocokkan pola maupun kesesuaikan dengan fungsi tas. Untuk tas sekolah anak, tentunya pola atau corak bahan baku yang dipilih adalah yang lebih cerah dan lebih ramai sesuai dengan karakter anak-anak.
  4. Saat menjahit, sesuaikan corak bahan baku dengan dumy rancangannya. Tambahkan pula kain pelapis kain sifon atau kain puring yang tipis. Setelah jadi, tambahan asesoris untuk menambah cantik penampilannya. Itulah sedikit tips cara membuat tas ramah lingkungan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...