Keuangan » Info » Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja OnlineTips aman belanja online perlu menjadi perhatian anda seiring tren belanja online di Indonesia yang memperlihatkan fenomena yang semakin menggairahkan. Tingkat kepercayaan masyarakat pun makin tinggi dalam melakukan transaksi secara online. Bermunculannya toko-toko online yang menjual beragam produk merupakan indikasi menarik meningkatnya kecenderungan masyarakat dalam memilih belanja melalui internet. Menurut catatan Forrester Research, total nilai transaksi online di seluruh dunia pada tahun 2009 mencapai 172,9 miliar dolar AS yang setara dengan Rp 1,7 bilion. Dari jumlah ini Indonesia hanya mengambil 2 persennya saja yang mencapai angka Rp 35 triliun. Sementara itu pada tahun 2010 ditemukn adanya sekitar 80 persen dari 30 juta pengguna internet di Indonesia melakukan transaksi secara online, itu hasil penelitian AC Nielsen. Temuan ini cukup mengejutkan karena pada tahun-tahun sebelumnya hanya 68 persen pengguna internet di negeri kita yang melakukan transaksi bisnis lewat dunia maya. Karena itu diperkirakan gairah belanja online di Indonesia akan terus meningkat pada masa-masa mendatang terutama setelah melihat tren yang terus membaik tersebut, Langkah dan Tips Aman Belanja Online Lambatnya perkembangan bisnis melalui internet terutama karena banyaknya kasus yang terjadi. Seperti pembobolan kartu kredit maupun kasus-kasus penipuan online. Berikut beberapa tips aman belanja online yang sebaiknya anda tahu sebelum anda berbelanja secara online.

  1. Perhatikan dan cermati kredibilitas dan identitas pemilik toko online. Toko online yang terpercaya akan mencantumkan data lengkapnya, baik nama kontak yang jelas, alamat kantor fisik, maupun nomor teleponnya. Hindari berbelanja di toko online dari blog gratisan atau alamat yang tidak jelas dan pilihlah toko online yang profesional yangmenggunakan nama domain dan hosting berbayar.
  2. Pilih toko online yang menyediakan sistem pembayaran yang lebih banyak dan lebih variatif yang tentunya akan memudahkan konsumen melakukan pembayaran, baik lewat kartu kredit, bank lokal, atau lewat paypal.
  3. Mintalah garansi dari produk yang anda beli. Toko online terpercaya akan memberikan garansi yang jelas baik untuk produk yang anda beli maupun menyangkut mekanisme pengirimannya.
  4. Mintalah saudara, kenalan, atau teman yang tinggal di kota yang sama dengan alamat toko online untuk melakukan cek dan memeriksa kebenaran data tersebut. Cara mudah ini cukup penting sebagai antisipasi dan merupakan salah satu tips aman belanja online sehingga jika terjadi penipuan atau wanprestasi dari toko online tersebut, anda dapat mengejarnya secara offline.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...