Keuangan » Peluang » Prospek Peluang Usaha Laundry dengan Modal Kecil

Prospek Peluang Usaha Laundry dengan Modal Kecil

Peluang Usaha LaundryPeluang usaha laundry belakangan makin marak dijalankan sebagai bisnis rumahan yang tampaknya cukup menguntungkan. Di berbagai sudut kota, terutama di kawasan yang padat dengan perkantoran, industry, atau kampus, banyak berdiri layanan jasa laundry. Jasa ini pun bersaing dengan banyaknya bisnis waralaba laundry yang juga tak kalah ramainya.

Benarkah usaha laundry menguntungkan dan merupakan peluang usaha yang layak ditangkap dan dijalankan? Usaha ini mungkin memang terkesan rendah mengingat jenis pekerjaan yang akan dijalankan tak ubahnya seperti pembantu rumah tangga. Namun dengan adanya mesin cuci berbagai ukuran, rasanya pekerjaan semacam ini jauh lebih ringan dan efisien.

Untuk melihat prospektif tidaknya sebuah peluang usaha, anda dapat melihatnay dari berbagai faktor. Salah satunya kue pasar yang ada. Indikator pertama yang nyata terlihat dalah banyak usaha semacam ini di berbagai daerah. Dengan melihat tren ini saja tentu ada sesuatu yangmenarik dalam bisnis ini. Setelah itu anda dapat melihat kebutuhan pasar terhadap layanan jasa ini. Tidak usah jauh-jauh, lihat saja tetangga dan orang-orang yang tinggal di sekitar rumah anda.

Makin dinamisnya masyarakat modern sekarang membuat mereka cenderung pragmatis, apalagi kalau suami istri semuanya sibuk bekerja. Begitu juga para karyawan yang banyak menghabiskan waktunya di kantor dari hingga sore atau malam, umumnya enggan mencuci pakaian sendiri. Selain tidak ringan dan membutuhkan waktu serta tenaga, tak jarang kita merasa malas mencuci saat melihat tumpukan pakaian kotor yang menumpuk.

Bagaimana dengan menggaji pembantu? Gaji seorang pembantu khusus untuk mencuci pakaian sekitar Rp 250 hingga Rp 300 ribu per bulan. Belum termasuk biaya deterjen, pewanginya, hingga listrik dan air. Bandingkan dengan menyerahkan masalah cucian baju kepada usaha laundry yang paling banyak anda hanya akan menghabiskan sekitar Rp 300 ribu per bulan untuk mencuci sekitar 50 kg. Itu perkiraan jumlah cucian suami dan istri dengan dua anak. Anda pun tak perlu mengeluarkan biaya sabun cuci, dan rekening.

Lantas bagaimana dengan prospek peluang usaha laundry ini? Yah tinggal dihitung lagi saja. Kalau setiap keluarga kecil menghasilkan baju kotor sekitar 50 kg per bulan, dan tarif jasa semacam laundry kiloan sekitar Rp 4.000 hingga Rp 7.000 per kg, maka anda akan menghasilkan Rp Rp 200 hingga 350 ribu. Itu baru untuk satu keluarga. Jika anda bisa merangkul 10 tetangga saja di sekitar rumah anda, anda sudah dapat meraih Rp 2 hingga 3,5 juta.

Bagaimana kalau pemasaran anda fektif dan mampu merangkul 100 pelanggan atau lebih, hitung saja sendiri keuntungannya. Apalagi peluang usaha laundry tidak membutuhkan modal basar, dan modal ini pun dapat disesuaikan berdasarkan jumlah pelanggan yang berhasil anda dapatkan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. Kira-kira dibutuhkan modal berapa yang dibutuhkan usaha laundry bagi pemula?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...