Keuangan » Bisnis » Prospek Budidaya Jamur Merang Media Kardus

Prospek Budidaya Jamur Merang Media Kardus

Budidaya Jamur Merang Media KardusTernyata, budidaya jamur merang media kardus memberikan hasil yang lebih bagus dibandingkan cara konvensional. Karena itu tak mengherankan bila budidaya ini belakangan menjadi trend yang banyak diusahakan banyak orang. Apalagi cara ini juga mudah dilakukan, bahan kardusnya mudah diperoleh dan murah, dan yang lebih penting lagi adalah pemasarannya juga relatif mudah.

Untuk kardus yang digunakan dalam teknik budidaya ini adalah kardus yang umumnya sudah kita kenal, seperti bekas kardus bungkus mie instan, bekas kardus rokok, dan berbagai jenis kardus lainnya. Kardus merupakan jenis kertas tebal yang dibuat dari bahan selulosa yang umumnya terdapat dalam serat kayu maupun jerami atau merang yang memang merupakan habitat asli jamur ini.

Kualitas jamur merang yang dihasilkan dengan menggunakan media tanam kardus terutama terlihat dari penampilannya yang terlihat lebih putih bersih. Dengan melihat hasil jamur ini saja anda akan membayangkan bahwa ini merupakan produksi sebuah industri yang memang dikenal ketat dalam proses budidayanya dengan standar yang tinggi.

Selain itu, jamur merang hasil dari budidaya dengan kardus juga pada baunya yang lebih wangi dan kekenyalannya yang lebih padat. Kualitas ini jauh berbeda dengan jamur merang biasa yang cenderung berwarna kecoklatan yang agak kotor, baunya agak tengik, dan jika di tekan kurang kenyal. Sifat kenyal dan penampilan yang menarik dari jamur kardus ini ternyata sangat disukai rumah makan dan restoran yang menyajikan menu dari bahan jamur. Keunggulan ini pula yang menyebabkan jamur kardus lebih mudah dipasarkan dan dijual.

Yang juga tak kalah prospektifnya adalah dengan meningkatnya kekenyalan jamur kardus, berat bersih yang dihasilan saat panen juga jauh lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional. Begitujuga waktu panennya juga lebih cepat dan ebih singkat dibandingkan menggunakan media tanam merang atau jerami. Rata-rata dalam waktu 2 minggu atau dua kali dalam sebulan kita sudah dapat panen.

Budidaya jamur dengan menggunakan kardus juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda cukup menyediakan ruangan sekitar 4 x 6 meter2, maka anda sudah dapat menjalankan bisnis ini. Ini tentunya dapatmenjadi peluang usaha yang cukup prospektif dan menguntungkan, terutama bagi masyarakat I perkotaan yang kebanyakan tidak memiliki lahan pekarangan. Anda tertarik, dan ingin tahu bagaimana cara budidaya jamur merang media kardus, tunggu saja pada tulisan selanjutnya ya.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. kapur yang digunakan maksudnya kapur apa mas? trims

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...