Keuangan » Peluang » Menangkap Peluang Bisnis Barang Bekas

Menangkap Peluang Bisnis Barang Bekas

Peluang bisnis barang bekas mungkin jarang dilirik orang, padahal potensi keuntungannya ternyata sangat besar. Apalagi kalau bisnis ini dikelola dengan baik, maka dapat menjadi bisnis yang menggiurkan sekaligus mampu meningkatkan citra barang yang dianggap sampah itu. Margin keuntungan dari bisnis barang bekas juga tak bisa dianggap remeh, bahkan bisa mencapai 100 persen lebih.

Peluang Bisnis Barang Bekas

Banyak jenis barang bekas yang menyimpan potensi keuntungan yang tidak kecil. Seperti meja kursi bekas, ranjang, lemari, ataupun perabot rumah tangga yang sudah tak terpakai atau mengalami kerusakan. Begitu juga dengan komputer bekas, televisi, kulkas, mesin cuci, maupun barang-barang elektronik bekas lainnya juga cukup prospek untuk dibisniskan.

Barang bekas umumnya sudah tidak memiliki nilai setelah digunakan bertahun-tahun, baik akibat penyusutan, karena terjadinya kerusakan, maupun karena bosan dan ingin menggantinya dengan barang yang lebih baru. Perabot rumah tangga maupun furniture yang telah digunakan sekitar 3 – 5 tahun umumnya sudah tidak menarik lagi. Terlebih lagi untuk jenis barang elektronika, langsung jatuh harganya atau dianggap sebagai barang bekas setelah keluar dari toko.

Strategi Peluang Bisnis Barang Bekas

Lantas bagaimana strategi yang perlu dilakkan agar peluang bisnis barang bekas dapat berhasil. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna untuk anda yang ingin menekuni peluang usaha ini.

  1. Pilih lokasi showroom atau toko yang strategis untuk menjual barang bekas anda. Lokasi ini tidak harus berada di pinggir jalan bsar yang mahal, yang penting dapat diakses kendaraan roda empat. Anda dapat menempatkan worksop atau gudang di lokasi itu juga ataupun memilih lokasi lain yang lebih murah untuk menampung barang-barang bekas anda.
  2. Promosi harus dilakukan secara efektif karena banyak masyarakat yang seringkali bingung dalam menjual atau membuang barang-berang bekasnya. Memasang iklan baris di koran lokal secara periodik merupakan cara yang murah namun efektif untuk menyebarkan informasi tentang bisnis anda.
  3. Untuk system bisnisnya, anda dapat menawarkan dua model kerja sama, yaitu dengan cara membeli langsung ataupun dengan sistim titip jual.
  4. Angkat dan gaji seorang tenaga ahli taksir untuk menilai harga barang-barang bekas yang akan Anda beli. Cara ini dapat menekan risiko kerugian akibat salah menilai, apalgi jika anda sama sekali tidak memahami masalah barang bekas yang anda dapatkan.
  5. Pekerjakan pula tenaga ahli kayu dan elektronika untuk memperbaiki barang bekas yang Anda dapatkan. Dengan melakukan vernis atau pengecatan ulang, perabot lama dapat menjadi baru lagi dan dijual dengan harga jauh lebih tinggi. Itulah keuntungan peluang bisnis barang bekas.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. Keren dan inspiratif sekali buat setiap pembaca artikel ini

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...