Keuangan » Peluang » Manisnya Peluang Usaha Keripik Buah

Manisnya Peluang Usaha Keripik Buah

Peluang Usaha Keripik BuahPeluang usaha keripik buah tampaknya prospektif untuk dijalankan, terutama jika anda melihat mahalnya harga produk ini yang banyak dijual di pusat oleh-oleh. Betul, cemilan yang terbuat dari berbagai buah-buahan ini belakangan makin banyak dibeli oranguntuk dijadikan sebagai oleh-oleh bila kita berkunjung ke suatu daerah.

Cemilan atau keripik buah memang merupakan solusi yang cukup efektif dalam penanganan pasca panen buah-buahan yang dihasilkan para petani. Umur buah yang terbatas menyebabkannya sulit bertahan bila hendak dikirim ke daerah lain atau diekspor ke suatu negara. Padahal jenis buah-buahan tertentu snagat digemari atau dibutuhkan di daerah atau negara yang meminta.

Dengan menjadikannya sebagai keripik buah, bukan saja dapat memperpanjang daya tahan dan keawetan buah, namun hal ini juga dapat meningkatkan citra buah, meningkatkan pendapatan petani, serta memberikan nilai tambah dalam pemasarannya. Apalagi keripik buah masih memberikan rasa seperti pada buah aslinya.

Mahalnya Alat Pengering Buah

Tidak mudah menemukan alat dengan teknologi pengeringan untuk menjalankan peluang usaha keripik buah semacam ini. Sebelumnya orang membuat keripik buah dengan cara menggoreng, namun cara semacam ini dinilai gagal karena daging buah menjadi keriput dan rasa buahnya juga menjadi hilang.

Ada juga alat oven pengering buah yang dirancang khusus dengan teknologi canggih sehingga mampu menguapkan kandungan air dalam buah tanpa membuat buah menjadi rusak atau keriput. Namun alat buatan dari luar negeri ini umumnya harganya sangat mahal, bahkan mencapai ratusan juta rupiah sehingga dirasa memberatkan para petani maupun pelaku bisnis.

Belakangan ada sebuah alat pengering buah yang cukup sederhana dengan harga yang relatif murah namun cukup efektif dalam menghasilkan keripik buah seperti yang diharapkan. Alat yang bernama vacuum fryer ini bekerja dengan cara atau sistim penggorengan namun tidak membuat daging buah menjadi keriput dan juga tidak merusak tampilan buah.

Alat yang diketahui sebagai hasil inovasi seorang dosen Universitas Negeri Malang yang bernama Anang Lastryanto ini kabarnay dijual dengan harga tidak lebih dari Rp 20 juta. Dibandingkan alat oven buatan luar negeri, vacuum fryer tentunya jauh lebih murah. Apalagi kapasita produknya juga cukup besar dengan hasil keripik buah yang cukup berkualitas.

Keripik buah apel atau buah nangka umumnya dijual dengan harga sekitar Rp 110.000 per kg. Padahal untuk membuatnya hanya dibutuhkan bahan baku buah tak lebih dari Rp 35 ribu. Itu pun buah yang dapat dijadikan keripik bisa dipilih dari buah-buahan dengan kualitas kedua atau sebelummembusuk. Lumayan kan margin keuntungan peluang usaha keripik buah ini.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...