Keuangan » Tips » Kiat Jitu Mendapatkan Penghasilan Dari Rumah

Kiat Jitu Mendapatkan Penghasilan Dari Rumah

Anda ingin mendapatkan penghasilan dari rumah atau menjadikan rumah sebagai sumber penghasilan untuk menambah pendapatan keluarga? Makin tingginya kebutuhan maupun tuntutan hidup mendorongbanyak keluarga untuk pandai-pandai mencari penghasilan tambahan. Apalagi jika kitatelah berumah tangga dan telah memiliki beberapa anak, maka pengelolaan keuangan keluarga tak cukup mampu memecahkan persoalan keuangan.

Dalam mengelola keuangan keluarga, kita tidak hanya dituntut untuk merencanakan pengeluaran dan membelanjakan penghasilan dari gaji suami untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Sehebat apapun perencanaan yang baik, sebaik apapun pengelolaan keuangan yang telah dijalankan namun jika kebutuhan dasar minimal saja sulit dipenuhi tentunya akan meimbulkan masalahkeuangan keluarga.

mendapatan penghasilan dari rumah

Karena itulah dalam merencanakan keuangan keluarga, ada beberapa informasi lain yang juga perlu mendapat penjelasan agar hasilnya lebih optimal, yang meliputi:

Dari mana saja sumber penghasilan anda – seperti misalnya dari gaji suami, honor ibu menulis artikel, laba investasi, dan sebagainya. Informasi ini mencakup semua sumber penghasilan atau pendapatan yang telah nyata dan menjadi sumber keuangan keluarga.

Perincian kebutuhan dan pengeluaran rutin yang mesti dilakukan – Diantaranya kebutuhan belanja untuk makan, biaya pendidikan anak-anak, biaya kontrak rumah, pajak atau zakat, sumbangan social, dan sebagainya. Selain pengeluaran tetap, anda juga perlu menegaskan tentang pengeluaran lain non-rutin yang mesti disiapkan.

Hutang apa saja yang mesti anda perhatikan – merencanakan tanggal jatuh tempo pembayaran atau pelunasan hutang akan membuat anda tidak terbebani dengan pinalti atau denda jika mengalami keterlambatan.

Harta atau aset apa saja yang anda miliki – Ini bisa mencakup semua harta benda bergerak maupun tak bergerak, seperti tanah, rumah, mobil, investasi, perhiasan emas, tabungan, dan sebagainya.

Menjadikan Asset Rumah sebagai Sumber Penghasilan

Dengan memperhatikan berbagai potensi maupun besarnya kebutuhan keluarga, ada saatnya anda perlu membuat langkah yang lebih riil dalam membantu mengatasi probem keuangan keluarga. Ada banyak cara yang dilakukan setiap keluarga untuk mengatasi hal itu. Ada yang istrinya kemudian ikut mencari penghasilan dengan berjualan, berdagang, atau bekerja paruh waktu.

cara mendapatan penghasilan dari rumah

Cara lainnya adalah dengan mengoptimalkan harta ataupun aset yang kita miliki. Nah, jika anda memiliki tanah atau rumah dan ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, beberapa langkah berikut ini mungkin bisa menginspirasi anda dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Jika anda mempunyai rumah dengan halaman yang luas, tak ada salahnya untuk menambah bangunan guna dibuat kos-kosan atau rumah kontrakan. Tanah sisa ini bisa berupa halaman atau pekarangan yang masih bisa dibuat tambahan bangunan ruangan. Banyak pula cara mendapatkan dana untuk menambah bangunan itu, baik dari pinjam saudara, pinjam bank, atau cara lainnya.
  2. Jika kesulitan mencari modal untuk membangun namun anda memiliki rumah yang besar dengan banyak kamar, kenapa tidak menawarkan salah satu atau salah dua kamarnya untuk dikontrakkan ke orang lain. Cara ini relatif lebih praktsi dan tidak membutuhkan modal.
  3. Cara lain adalah dengan membuat warung kelontong dengan memanfaatkan garasi atau ruangan bagian depan rumah. Anda sebaiknya jangan membayangkan warung kelontong layaknya minimarket yang membutuhkan modal besar. Tak sedikit tetangga kita yang bisa membuka warung kelontong hanya dengan modal kurang dari Rp 5 juta dan mampu memberikan keuntungan yang tidak bisa dibilang kecil.
  4. Menjalankan bisnis dari rumah merupakan cara lain mengoptimalkan fungsi rumah. Tak sedikit jenis usaha yang bisa dijalankan dari rumah dengan keuntungan yang juga tak bisa dianggap remeh. Beberapa peluang usaha yang cukup prospek adalah membuka jasa laundry, jasa jahitan, memproduksi makanan kecil atau cemilan, membuka warung makan, dan masih banyak lagi. Tak jarang, langkah iseng atau sekedar pengisi waktu dalam mendapatkan penghasilan dari rumah akhirnya dapat berkembang menjadi usaha yang jauh lebih maju dan lebih besar.

Gambar:google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...