Keuangan » Tips » Kenali 4 Kunci untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Kenali 4 Kunci untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Bukanlah hal yang mudah untk memenangkan persaingan bisnis dan meraih sukses. Di tengah pertumbuhan usaha yang pesat, tingkat persaingan pun akan terasa makin berat dan kompleks. Mungkin jika dibandingkan dengan jumlah usaha baru yang tumbuh, yang mengalami kegagalan dan akhirnya gulung tikar bisa jauh lebih besar dan lebih banyak.

Besarnya jumlah usaha baru yang terus muncul dan tumbuh memang sangat menggembirakan. Realitas ini tentunya mencerminkan kondisi perekonomian nasional yang cukup kondusif bagi berkembangannya dunia usaha. Namun di sisi lain, banyaknya usaha baru yang muncul tentunya juga akan membuat tingkat persaingan menjadi semakin besar dan ketat. Karena itulah diperlukan strategi dalam memenangkan persaingan bisnis agar usaha terus tumbuh dan berkembang.

Jika anda berjalan-jalan ke mall atau ke pasar, anda akan melihat dan menemukan begitu banyaknya usaha yang ada dan saling berebut pembeli. Dari bisnis yang ada, silahkan hitung sendiri berapa banyak jenis bisnis yang menjalankan usaha yang sama atau sejenis. Dari jenis usaha fashion, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga bisnis makanan dan minuman.

Memenangkan Persaingan Bisnis

Dibandingkan berbagai jenis usaha yang ada, bisnis makanan dan minuman merupakan yang paling banyak dusahakan dan dijalankan. Usaha kulier memang terbilang yang banyak dibutuhkan konsumen karena semua orang dari berbagai kelompok usia dan kelas sosial membutuhkan makan dan minum. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bisnis kuliner tak ada matinya.

Benarkah demikian kenyataan yang ada? Tidak mudah mendapatkan data tentang jumlah usaha yang terpaksa gulung tikar atau berganti usaha karena tersingkir dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, tak terkecuali dalam usaha kuliner. Apalagi saat ini banyak jenis bisnis waralaba makanan dan minuman yang juga turut meramaikan bisnis kuliner di tanah air.

Nah, anda sebaiknya mengenali 4 kunci sukses memenangkan persaingan bisnis berikut ini.

1. Perhatikan Kualitas Produk

Masalah kualitas produk merupakan kata kunci yang pertama dan paling utama untuk meraih sukses. Apapaun jenis usaha yang anda jalankan, sebaiknya anda tidak bersikap setengah-setengah dengan masalah yang satu ini. Sebab, jika sekali saja konsumen kecewa dengan produk anda maka tak aka nada konsumen yang akan membeli lagi ke tempat anda.

Sangat perlu mengutamakan pembelian ulang (repeat order) daripada pembeli baru karena banyak bisnis yang menjadi besar dan sukses karena mampu membangun loyalitas konsumen melalui kualitas produk yang terjaga dengan baik. Karena itu, seklai lagi, anda sebaiknya tidak menganggap remeh soal kualitas produk ini, baik menyangkut rasa untuk produk bisnis kuliner maupun bahan dan bentuk produk.

2. Tentukan Harga yang Kompetitif

Apapun segmentasi maupun target pasar anda, sebaiknya anda juga perlu cermat dalam menentukan harga jual produk. Masyarakat kita umumnya menyukai harga yang termurah, baik konsumen kelas bawah maupun konsumen kelas atas. Jangan dikira yang menyukai harga murah hanya kelompok masyarakat berpenghasilan rendah saja karena orang kaya pun juga menyukai harga yang murah.

Meskipun demikian sebaiknya anda jangan terjebak untuk memberikan harga murah hingga membuat anda rugi. Pertimbangan dalam menentukan harga produk, baik produk makanan minuman atau yang lainnya umumnya berkisar antara 25 hingga maksimal 100 persen dari total biaya produksi. Buatlah harga yang paling kompetititf dengan mempertimbangkan saingan anda untuk memenangkan persaingan bisnis.

Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis

3. Desain Kemasan dan Penampilan Produk

Daya tarik suatu produk bisnis yang tak kalah pentingnya adalah dari kemasannya. Masalah packaging tidak hanya pada desain dan bentuk bungkus kemasan namun juga pada penampilan toko atau tempat usaha anda. Jika anda menjalankan bisnis makanan cemilan, masalah desain bungkus harus dibuat bukan saja menarik namun juga unik yang berbeda dengan produk sejensi saingan anda. Begitu juga jika anda menggunakan gerobak warung, seperti umumnya waralaba makanan, buatlah semenarik mungkin dengan menonjolkan eye cathing agar mampu menarik konsumen untuk datang dan membeli.

4. Pilih Lokasi Berjualan yang Strategis

Anda tak perlu ragu untuk menyewa kios atau ruko yang mahal namun strategis dibandingkan toko yang murah namun jauh dari keramaian. Sesuaikan lokasi dengan target dan segmentasi pasar anda. Lebih baik keluar uang lebih banyak namun perpuataran uangnya cepat daripada menjalankan bisnis yang stagnan atau sekedar aman. Untuk memenangkan persaingan bisnis sebaiknya anda jangan ragu dalam menjalankan bisnis.

Gambar ilustrasi;flickr-pixabay

Penulis: joesck

Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...