Keuangan » Perencanaan » Kecerdasan Finansial dalam Mengelola Keuangan Keluarga

Kecerdasan Finansial dalam Mengelola Keuangan Keluarga

Makhluk apakah itu kecerdasan finansial dan seberapa pentingnya dalam mengelola keuangan keluarga? Hari ini saya menyempatkan diri membaca koran kemarin yang belum sempat saya baca secara menyeluruh. Berita tentang pelantikan Presiden Jokowi memang mendominasi pmberitaan berbagai surat kabar dalam beberapa hari terakhir, sehingga berita dan informasi lain agak terkalahkan.

Saat membuka-buka halaman dalam koran terbitan Jogja itu, mata saya seakan tertarik dengan sebuah kolom tentang finansial wisdom yang mengulas masalah bujet keluarga. Pikiran saya pun langsung berkelana saat menemukan sebuah istilah yang cukup menggelitik, yaitu ‘tes kecerdasan finansial’.

Kecerdasan Finansial

Dalam artikel kolom itu memang tidak membahas pengertian tentang tes kecerdasan finansial. Kolom itu yang ditulis Eko B. Pratomo seorang analisis keuangan di Yogyakarta itu hanya mengajukan pertanyaan sebagai sebuah tes, yaitu ‘sudahkah anda memiliki bujet dalam rumah tangga?’

Saya pun lantas teringat dengan Howard Gardner, seorang tokoh yang mencetuskan tentang 8 jenis kecerdasan manusia dalam teorinya tentang Multiple Intelegence (MI). Konsep Gardner ini jauh lebih kompleks ketimbang teori dalam Taksonomi Bloom yang hanya membagi potensi manusia hanya mencakup tiga aspek atau ranah saja, yaitu ranah kognitif, afektif, serta ranah psikomotor. Karena itulah dalam aplikasinya tak jarang konsep Gardner ini digunakan juga untuk melengkapi gagasan atau teori yang telah ada sebelumnya.

Dalam konsep tentang kecerdasan majemuk dari Gardner disebutkan bahwa manusia memiliki 8 jenis kecerdasan. Kecerdasan manusia itu meliputi kecerdasan linguistik, musikal, matematis-logis, interpersonal, spasial, intrapersonal, kinestetis, dan kecerdasan naturalis. Pembagian kecerdasan ini mencakup wilayah yang cukup luas dimana didalamnya terdapat kategori yang lebih terperinci.

Namun dalam konsep kecerdasan majemuk ini dimanakah letak kecerdasan finansial dan mengapa kecerdasan ini tidak tercakup secara tekstual didalamnya? Kalau anda sempat mempelajari konsep kecerdasan majemuk tersebut, maka pengetahuan tentang kecerdasan finansial sudah tercakup dalam kategori matematis-logis meskipun juga berkaitan dengan jenis kecerdasan majemuk lainnya. Untuk melengkapi referensi anda tentang masalah ini, sebaiknya anda baca juga postingan sebelumnya tentang melek finansial.

Kecerdasan Finansial Tentukan Kualitas Hidup

Kecerdasan finansial merupakan kemampuan memanfaatkan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk mengelola keuangan diri sendiri maupun keluarga guna meraih tujuan hidup. Tujuan hidup yang ingin dicapai ini tentunya merupakan kehidupan yang lebih baik dari kehidupan sebelumnya. Karena itulah kecerdasan finansial akan sangat menentukan kualitas hidup.

Keuangan Keluarga

Ada banyak aspek yang bisa digali dalam merencanakan dan mengelola keuangan secara cerdas, baik keuangan pribadi maupun keuangan rumah tangga bagi yang telah menikah. Beberapa hal yang perlu digali dan diinventarisasi meliputi:

  1. Kekayaan apa saja yang Anda miliki yang mencakup semua yang telah menjadi harta milik kita, baik berupa rumah, tanah, kendaraan, tabungan, dan sebagainya.
  2. Sumber penghasilan atau pendapatan dari mana saja, baik berupa gaji, laba usaha, uang sewa terhadap berbagai aset, dan sebagainya.
  3. Belanja yang mesti dikeluarkan, mulai dari belanja harian untuk makan, tempat tinggal, pajak, zakat, hingga sumbangan social.
  4. Hutang yang menjadi tanggungan kita, baik berupa hutang bank, cicilan kredit rumah dan sebagainya.

Berdasarkan berbagai hal dan kondisi tersebut, barulah kita dapat melakukan perencanaan keuangan secara lebih baik. Dengan perencanaan keuangan inilah anda bisa membuat prioritas maupun langkah yang diperlukan untuk mengatasi hambatan atau kondisi yang ada. Dan kecerdasan finansial yang tercermin dalam perencanaan keuangan keluarga memiliki tujuan yang jelas, terukur, sesuai kebutuhan, serta bisa dievaluasi.

Gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...