Keuangan » Bisnis » Jualan Kambing, Peluang Bisnis Musiman yang Menggiurkan

Jualan Kambing, Peluang Bisnis Musiman yang Menggiurkan

Menangkap peluang bisnis musiman ternyata jauh lebih menguntungkan dibandingkan bisnis regular yang tak mengenal musim. Apalagi jika bisnis itu berhubungan dengan ketentuan syariah agama, sehingga pasarnya tentu tidak kecil. Salah satu peluang itu adalah bisnis jualan kambing atau sapi sebagai hewan korban dalam perayaan Lebaran Haji atau Iedul Adha.

Seperti kita tahu, hari ini umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Iedul Adha. Hari besar Islam yang dikenal sebagai hari raya kurban atau Lebaran Haji ini ditandai dengan ibadah penyembelihan hewan kurban. Sedangkan hewan yang sering digunakan atau dipilih untuk kurban adalah kambing dan sapi. Karena itulah berjualan kedua jenis binatang inilah yang memiliki prospek sangat baik sebagai bisnis yang sangat menguntungkan.

Peluang Bisnis Musiman

Namun diantara hewan untuk kurban, kambing merupakan hewan yang lebih banyak dibutuhkan masyarakat. Selain harganya yang lebih terjangkau, berjualan kambing juga memiliki dua manfaat. Selain dibutuhkan masyarakat untuk hewan kurban, juga untuk aqiqoh bagi anak yang baru saja dilahirkan. Karena itulah harga jual kambing tak pernah mengenal istilah turun karena selalu dibutuhkan kaum muslim.

Pada hari biasa, harga seekor kambing saat ini sekitar Rp 1,5 hingga Rp 2,5 juta sedangkan harga sapi sekitar Rp 10 jutaan. Sebulan menjelang datangnya Lebaran Haji, harga hewan-hewan kurban itu akan mulai merangkak naik. Puncaknya akan terjadi sekitar 5 hari sebelum Iedul Adha yang kenaikan harga hewan kurban ysng bisa mencapai 40 persen dimana kambing bisa dijual antara Rp 2 juta hingga 3 juta, sedangkan untuk sapi bisa mencapai Rp 12 juta hingga 15 juta.

Dari sejumlah pengalaman para pedagang dalam menangkap peluang bisnis musiman ini, mereka perlu menyiapkan modal sekitar Rp 100 juta untuk bisa membeli dan memasok minimal 50 ekor kambing atau domba. Hewan-hewan itu umumnya dipasok sekitar sebulan sebelumnya dan ditempatkan di suatu lokasi sambil memberikan perawatan dan makan agar selalu sehat hingga saat hari-H.

Dengan keuntungan 10 hingga 25 persen dari harga jual, umumnya pedagang akan memperoleh keuntungan antara Rp 200 ribu hingga 500 ribu rupiah. Nah, jika modalnya adalah 50 ekor kambing saja, maka keuntungan dalam sebulan menjalankan bisnis ini akan diperoleh keuntungan yang cukup besar, yaitu rata-rata sekitar 20 juta. Dengan kerja selama 1 bulan saja bisa mendapatkan untung Rp 20 juta, sebuah angka yang tidak kecil.

Nah, jika anda tetarik untuk menangkap dan menjalankan peluang bisnis musiman ini, anda bisa mempersiapkan diri untuk menyongsong hari raya kurban pada tahun depan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...