Keuangan » Tips » Inilah Kiat Praktis Sukses Usaha Percetakan

Inilah Kiat Praktis Sukses Usaha Percetakan

Sukses Usaha Percetakan – Bisnis percetakan memang bukan jenis usaha yang bisa dijalankan dengan tanpa modal atau modal kecil. Harga mesin percetakan masih cukup tinggi, meskipun fungsi dan kualitasnya semakin meningkat. Meskipun demikian, jenis bisnis ini cukup prospektif memberikan keuntungan yang tidak kecil.

Percetakan merupakan usaha yang memiliki pangsa pasar spesifik. Bisnis percetakan berbeda dengan bisnis retail dimana jeni produk yang dijual dibutuhkan oleh banyak orang dan datang setiap hari. Karena itu menjalankan usaha percetakan tidaklah mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kerja keras untuk menjalankannya. Apalagi jika kita baru sekali ini terjun ke bisnis ini, mungkin akan ditemukan kendala yang tak jarang bisa membuat semangat menjadi menurun.

sukses usaha percetakan

Nah, jika anda berniat atau ingin terjun ke bisnis ini, berikut beberapa tips sukses usaha percetakan yang mungkin dapat memberikan inspirasi dan berguna untuk anda.

  1. Mulailah dari skala kecil dengan menggunakan jenis mesin cetak toko yang relative lebih murah. Dengan berbagai pengalaman yang akan anda peroleh, anda dapat meningkatkan skala usaha untuk memasuki tahap skala yang lebih besar.
  2. Untuk menekan risiko bisnis, carilah partner bisnis, baik dengan cara patungan modal usaha atau menawarkan kerja sama dengan pemilik mesin cetak. Tak sedikit pengusaha mesiin cetak yang membangun sistim kerja sama semacam ini untuk meraih order cetak sebanyak mungkin.
  3. Salah satu kunci atau tips sukses usaha percetakan adalam membangun loyalitas pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan pelayanan layaknya sajabat atau teman. Saat ikut dalam tim redaksi majalah kampus waktu masih kuliah dulu, penulis mempunyai langganan mesin cetak yang sangat laris. Suasana kantor percetakan didesain tidak seperti kantor melainkan seperti gardu ronda sehingga pelanggan yang datang diterima layaknya tetangga atau teman sambil berdiskusi.
  4. Bidik segmentasi yang spesifik, seperti kalangan mahasiswa atau sekolah. Penulis juga mempunyai kenalan yang sukses dengan bisnis percetakannya hanya dengan mengandalkan order khusus dalam pembuatan buku kecil Surat Yasin. Target pasarnya memang khusus, yaitu para keluarga yang hendak mengadakan peringatan 40 hari, 100 hari, atau 1000 hari peringatan anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Untuk itu anda bisa masuk ke berbagai kelompok pengajian di kampung-kampung yang jumlahnya tidaklah sedikit.

Itulah sedikit tips sukses usaha percetakan yang semoga berguna untuk anda sehingga anda konsisten dalam menjalankannya hingga sukses.

Sumber foto: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...