Keuangan » Opini » Inilah 5 Kiat Sukses Usaha Ritel untuk Pemula

Inilah 5 Kiat Sukses Usaha Ritel untuk Pemula

Jika anda ingin atau baru akan terjun ke dunia bisnis, kiat sukses usaha ritel ini mungkin berguna untuk anda. Sebagai pemula, tak jarang kita sering mengalami kegamangan atau keraguan. Gamang dalam memilih jenis usaha, gamang untuk memulainya, atau gamang terhadap riisko yang akan dihadapinya. Berbagai keraguan inilah yang sering meghalangi seseorang untuk terjun ke dunia bisnis, termasuk dalam menjalankan bisnis ritel.

Bisnis ritel dikenal pula sebagai bisnis eceran dimana pelaku bisnis berperan dalam menyalurkan suatu barang maupun jasa kepada masyarakat sebagai konsumen akhir. Warung kelomtong, warung rokok, pengasong, penjaja sayur keliling adalah contoh bisnis ritel yang dijalankan masyarakat untuk skala kecil. Kalau bisnis ritel skala yang lebih besar diantaranya seperti alfamart, indomart, dan berbagai super market ataupun hypermarket.

Kiat Sukses Usaha Ritel

Nah, jika anda tertarik untuk terjun danmenekuni bisnis ritel, berikut ini beberapa kiat sukses usaha ritel yang mungkin ada gunanya untuk anda.

  1. Mulailah dari skala kecil. Tak ada sukses yang bisa diraih dalam waktu singkat, apalagi jika anda memiliki banyak keterbaasan. Baik keterbatasan modal, keterbatasan jaringan, dan berbagai keterbatasan lainnya. Dengan memulai dari skala kecil, anda akan memperoleh banyak pengalaman berharga yang akan menempa sensitivitas bisnis anda. Apalagi jika anda bisa membangun dan mendapat kepercayaan dari pemasok atau supplier, maka modal bukan lagi merupakan masalah penting.
  2. Salah satu kiat sukses usaha ritel adalah kecermatan dalam memperhitungkan laba yang ingin anda raih. Mendapatkan laba kecil namun dengan omset besar aka lebih baik dibandingkan tergiur dengan mengambil laba besar namun menyebabkan lambatnya perputaran uang.
  3. Hindari menjalankan bisnis ritel hanya gara-gara tergiur kisah sukses seseorang. Sebagai orang yang akan menjalankan dan mengelola bisnis, anda justru harus memiliki hasrat atau passion terhadap bisnis ritel. Pilih juga jenis produk yang memang anda minati untuk dijalankan.
  4. Berikan layanan yang memanjakan konsumen. Ketatnya persaingan bisnis ritel saat ini mendorong masalah pelayanan sebagai patokan bagi konsumen dalam memilih toko yang dipilihnya. Loyalitas konsumen sangat diperlukan agar perputaran uang tetap terjaga sehingga bisnis anda akan terus tumbuh dengan baik.

Demikianlah beberapa kiat sukses usaha ritel yang semoga berguna untuk anda dalam menjalankan dan membangun bisnis yang penuh tantangan tersebut.

Sumber foto: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...