Keuangan » Investasi » Apa Pentingnya Asuransi dan Mengapa Kita Harus Memilikinya?

Apa Pentingnya Asuransi dan Mengapa Kita Harus Memilikinya?

Sebenarnya, apa sih pentingnya asuransi dan mengapa kita harus memilikinya? Mungkin pertanyaan semacam ini pernah atau sering terlintas dan mengganggu dalam pikiran kita. Apalagi tak sedikit tawaran asuransi yang datang silih berganti dari para sales asuransi yang sering datang ke rumah atau kantor kita.

Asuransi merupakan cara atau upaya dalam mengalihkan sebuah risiko kepada orang atau pihak lain. Risiko yang dimaksud ini bersifat potensial yang kemungkinan dapat dihadapi atau terjadi pada seseorang di masa depan. Baik risiko untuk sakit, mengalami kecelakaan, atau tewas di jalan raya. Begitu juga kemungkinan terkena PHK (pemutusan hubungan kerja) bagi seorang karyawan atau pegawai yang mengakibatkan terputusnya penghasilan rutin.

Pentingnya Asuransi

Dengan mengalihkan risiko inilah, maka beban yang bakal terjadi akan lebih ringan ditanggung. Anda bisa bayangkan jika ayah atau ibu yang selama ini telah bekerja di perusahaan yang mapan dengan gaji besar, tiba-tiba terkena PHK. Kondisi ini bukan saja akan mengancam kesejahteraan keluarga, namun pendidikan maupun kebutuhan sekolah anak-anak juga akan terancam terputus.

Begitu juga jika tiba-tiba anak sakit dan harus diopname di rumah sakit sementara penghasilan dari gaji ayah mungkin hanya cukup untuk biaya hidup bulanan. Apalagi jika jenis sakit yang diderita anak cukup berbahaya yang tentunya akan membutuhkan biaya pengobatan yang sangat besar.

Nah, untuk mengantisipasi berbagai risiko itulah kita perlu memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Pentingnya asuransi ini akan sangat terasa saat berbagai kejadian yang tidak bisa diprediksi terjadi secara tiba-tiba. Dengan asuransi itulah, maka berbagai risiko tersebut telah dialihkan kepada orang atau perusahaan penyedia layanan asuransi.

Selain itu, banyaknya jenis asuransi yang tersedia juga memberikan kebebasan bagi setiap orang atau keluarga dalam memilihnya. Berdasarkan kebutuhan yang ada itulah, kita juga dituntut untuk dapat merencanakan keuangan keluarga secara lebih bijak. Manfaat lain dari kepemilikan suatu asuransi adalah seperti membuat tabungan yang bisa dimanfaatkan setiap saat jika terjadi kejadian yang mendadak atau tiba-tiba. Itulah pentingnya asuransi bagi setiap orang dan alas an tentang kemanfaatannya tentunya akan berpulang kepada tujuan hidup kita masing-masing.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...