Keuangan » Perencanaan » 5 Tips Simpel Mengatur Keuangan Setelah Menikah

5 Tips Simpel Mengatur Keuangan Setelah Menikah

Keberhasilan dalam mengatur keuangan setelah menikah bisa jadi akan menjadi faktor yang berpengaruh dalam melanggengkan pernikahan seseorang. Keapa bisa begitu penting? Sebab, tak sedikit kasus perceraian yang justru dipicu oleh masalah ekonomi. Baik karena pemasukan kurang, sifat boros yang berlebihan, ataupun tingginya kebutuhan yang tidak disesuikan dengan kemampuan yang ada.

Mungkin benar kata orang bahwa uang merupakan sesuatu yang sangat sensitif bagi pasangan yang telah menikah. Banyak faktor yang bisa memicu pertengkjaran suami istri gara-gara uang. Kekurangan uang tentunya akan membuat istri sering cemberut. Namun sebaliknya, kelebihan uang tak jarang juga dapat membuat istri terlalu banyak tersenyum, bahkan untuk laki-laki lain sehingga memicu perselingkungan.

Mengatur Keuangan Setelah Menikah

Dengan melihat pentingnya mengatur keuangan setelah menikah, beberapa tips berikut mungkin berguna bagi anda dalam mengelolanya.

  1. Buatlah perencanaan bersama menyangkut pengelolaan keuangan keluarga. Sebuah perkawinan tentunya dibangun berdasarkan rasa sayang dan kepercayaan. Begitu juga dalam mengelola keuangan bersama, lakukan berdasarkan prinsip kepercayaan dan keterbukaan. Jika masing-masing telah memiliki tabungan pribadi masing-maisng, buatlah kesepakatan tentang hak bersama.
  2. Susun pula daftar penerimaan maupun pengeluaran bulanan secara terbuka. Jika anda memiliki sumber penghasilan lebih dari satu, beritahukan pasangan anda. Begitu juga istri memiliki penghasilan sampingan, tak ada salahnya memberitahukan kepada suami meskipun kata orang uang istri adalah hak istri. Kesepakatan menyangkut hal ini juga penting dilakukan sejak awal.
  3. Buat dan susunlah skala prioritas menyangkut pengeluaran anda dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda saat ini. Cara ini akan lebih mudah dilakukan untuk menyesuaikan antara jumlah pengeluaran dengan pendapatan yang anda miliki sehingga tidak memicu timbulnya hutang. Hutang sebaiknya dihindari jika tidak penting sekali karena justru akan membenani anda di kemudian hari.
  4. Buatlah tabungan bersama dimana penggunaannya akan lebih mudah terpantau. Hindari penggunaan kartu kredit atau kartu ATM dimana fasilitas ini lebih sering merangsang pemiliknya untuk dengan gampang melepaskan tabungannya.
  5. Mulailah menabung dengan menyisihkan sebagian dana setelah dikurangi pengeluaran rutin. Menabung harus dilakukan dengan ketat dan dilakukan sejak awal. Hal ini penting untuk manfaat yang lebih baik dari masa depan anda bersama anak-anak anda nantinya.

Itulah beberapa tips sederhana dalam mengatur keuangan setelah menikah yang semoga berguna dan makin mengokohkan kekuatan ikatan perkawinan anda bersama pasangan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...