Keuangan » Tips » 5 Tips Memulai Bisnis Tanpa Risiko

5 Tips Memulai Bisnis Tanpa Risiko

Bagaimana sih cara atau tips memulai bisnis tanpa risiko? Memang tak ada bisnis tanpa risiko, namun risiko yang ada tentunya perlu diminimalisir sebaik mungkin. Tak sedikit orang yang ingin terjun ke dunia bisnis justru merasa takut saat memulainya. Bayangan tentangan tantangan ataupun persaingan yang sengit seringkali menghantui langkah. Kebangkrutan ataupun terlilit banyak hutang akibat gagal bisnis tak jarang juga sering membayang di depan mata.

Dalam artikel sebelumnya tentang tips memulai usaha kecil sebenarnya anda tak membutuhkan teori apapun dalam memulai atau menjalankan sebuah bisnis. Benar, yang lebih anda butuhkan adalah mentalitas untuk langsung terjun ke dunia bisnis dan merasakan langsung realitas bisnis yang senyatanya. Justu dengan menghadapi langsung tantangan yang ada, anda akan memperoleh banyak pengalaman berharga yang akan memberikan pelajaran penting tentang bisnis.

tips memulai bisnis

Namun guna lebih memberikan gambaran untuk anda, berikut beberapa tips memulai bisnis tanpa risiko yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir risiko yang ada.

  1. Pilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan orang. Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan mengamati kebutuhan masyarakat di skeitar lingkungan anda. Bisnis yang berhasil adalah berangkat dari kebutuhan pasar. Begitu juga memulai bisnis tanpa risiko harus berangkat dari kebutuhan masyarakat.
  2. Hindari menggunakan dana pribadi untuk modal usaha. Hal iniberguna untuk mengantisipasi jika terjadi kegagalan, maka anda tidak akan bangkrut dan menanggung hutang. Ajak teman, saudara atau kolega untuk menjalankan bisnis bersama dengan risiko bersama pula.
  3. Hindari cara ambil untung besar. Laba yang terlalu besar pasti dilakukan dengan menjual produk atau jasa dengan harga tinggi. Cara rakus ini justru dapat menghambat perputaran uang usaha dan mempercepat kebangkrutan. Ambil margin keuntungan selayaknya atau secukupnya dengan target omset yang lebih baik dimana cara ini akan membuat jalannya usaha menjadi lebih sehat.
  4. Lakukan semua pekerjaan dengan tangan sendiri. Dalam memulai menjalankan usaha sebaiknya hindari merekrut tenaga kerja. Kalaupun jenis pekrjaan membutuhkan tenaga trampil, anda bisa merekrut tenaga keja dalam jumlah secukupnya dan untuk pos yang penting saja.
  5. Terapkan kerja cerdas dan efisiensi waktu. Apapun jenis jasa atau produk anda lakukan dengan semangat kerja cerdas dengan mengelola waktu sebaik mungkin. Percuma saja anda melakukan kerja keras dalam era persaingan yang ketat saat ini karena hasilnya biasanya tak optimal.

Demikian tips  memulai bisnis tanpa risiko yang ringan namun efisien yang semoga berguna untuk anda dalam meraih sukses.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...