Keuangan » Lain-lain » 5 Langkah Mudah Cara Mencari Modal Usaha dari Selain Bank

5 Langkah Mudah Cara Mencari Modal Usaha dari Selain Bank

Tak sedikit orang yang bingung atau tidak tahu cara mencari modal usaha sementara ide atau peluang bisnis sudah ada di depan mata. Sementara jika menggunakan modal sendiri tidak akan mampu mencukupi kebutuhan. Kendala atau hambatan semacam ini tak jarang membuat seseorang gagal atau tak berani menangkap peluang bisnis yang ada sehingga terlepas begitu sja.

Persoalan modal usaha memang jamak mewarnai kendala yang dihadapi setiap orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Selain nilai modal yang terbatas, kita pun sering terjebak memaknai modal usaha dengan kapital dalam uang tunai atau cash money. Padahal prinsip utama dari sebuah bisnis adalah bagaimana kita menjalankannya secara nyata.

Cara Mencari Modal Usaha

Sementara pada sisi lain juga terdapat kendala lain menyangkut kemampuan akses kita terhadap lembaga kuangan perbankan yang lemah. Kebanyakan pelaku bisnis, terutama yang masih skala kecil, tidak tahu atau tidak berani berhubungan dengan bank. Apalagi jika anda baru akan memulai sebuah usaha tentu pihak perbankan juga akan sulit mempercayai kredibilitas anda untuk memberikan modal.

Sebenarnya ada banyak jalan untuk mendapatkan modal bisnis selain dari lembaga perbankan. Nah, berikut ini beberapa cara mencari modal usaha yang bisa anda lakukan.

1. Menjual Aset Pribadi

Anda atau siapapun tentunya memiliki asset, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Tanah, rumah, mobil, ataupun motor adalah beberapa asset yang mungkin anda miliki saat ini. Anda mungkin juga memiliki perhiasan emas atau barang-barang elektronika yang terlalu banyak, kurang fungsional, atau hanya menumpuk dan memenuhi gudang. Semua perabot atau barang tersebut dapat dijual untuk menambah atau mendukung modal usaha anda. Pilih saja ase-aset yang nilainya tak terlau penting agar tidak terlalu berat saat melepaskannya untuk dijual.

2. Pinjaman dari Keluarga atau Teman Dekat

Bagi sebagian orang mungkin tak ada persoalan untuk meminjam uang kepada orang tua atau keluarga agar bisa digunakan sebagai modal usaha. Namun bagi orang lain, memijam modal kepoada keluarga bisa dianggap berisiko karena jika usaha gagal dan modal tak bisa kembali akan dapat mempengaruhi hubungan keluarga. Begitu juga dengan meminjam modal kepada teman atau sahabat kadang lebih terkendala faktor psikologis. Namun jika keluarga atau teman melihat prospek yang bagus dari usaha anda tentunya juga akan memberikan dukungannya.

3. Pinjaman dari Kantor

Alternatif lain cara mencari modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman ke kantor dimana anda bekerja. Pinjaman yang diberikan perusahaan atau kantor anda biasanya tidak dikenakan bunga dan cicilannya dilakukan dengan cara potong gaji di awal bulan. Cara ini tak berbeda seperti saat anda akan mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumsi lain, seperti untuk kredit kendaraan atau yang lain.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

4. Modal dari Investor

Jika anda yakin dengan prospek usaha yang akan anda jalankan kenapa tak mencoba mengajukannya langsng kepada calon investor. Calon investor ini bisa siapa saja, terutama yang memiliki uang lebih dan bingung dalam menginvestasikannya. Namun agar calon investor yakin, maka anda harus membuat dan mengajukan proposal bisnis tentang bisnis yang akan anda jalankan. Dalam proposal usaha yang anda ajukan ini anda bisa menjelaskan bagaimana modal yang anda jukan akan digunakan, cara pengembaliannya, maupun pembagian keuntungannya, dan hal penting lainnya.

5. Sistem Konsinyasi

Jika rencana bisnis yang akan anda jalankan berhubungan dengan produk atau barang yang disuplai pihak ketiga, maka anda dapat mengajukan kerja sama bisnis dengan sistem konsinyasi. Anda tak perlu membeli secara tunai barang atau produk yang akan anda jalankan. Seperti jika anda ingin membuka mini market, anda bisa menawarkan para supplier untuk titip jual barangnya tanpa anda perlu membayarnya terlebih dahulu. Sehingga anda tak perlu bingung tentang cara mencari modal usaha anda tersebut.

Gambar : pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. Sy punya travel tiketing on line di kios psr gembrong cempaka putih barat jakrta-pusat namun tuk pengembangan perlu bantuan modal awal tuk deposito sejmlah 5 jutaan , mohon solusinya trimakasih

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...