Keuangan » Lain-lain » 4 Kiat Cara Memilih Profesi Yang Tepat

4 Kiat Cara Memilih Profesi Yang Tepat

Bagaimana sih cara memilih profesi yang tepat dan baik? Mungkin ini merupakan pertanyaan yang amat sederhana dan sepele. Namun justru persoalan inilah yang dialami banyak orang. Berapa banyak orang yang bekerja karena koneksi saudara atau orang terdekatnya, berapa banyak juga orang yang bekerja tidak sesuai dengan keahlian dan kesarjaanaannya?

Mungkin anda sering mendengar saudara, sahabat, atau teman kuliah dulu saat ini bekerja di bidang yang jauh dari ilmu yang dikuasainya. Tak sedikit juga orang yang bisa bekerja di suatu perusahaan atau institusi karena factor koneksi atau unsure keberuntungan. Kondisi inilah yang menyebabkan banyak karyawan bekerja seperti terpaksa atau dengan rutinitas yang tak memberikan makna hidup yang lebih baik.

Memilih Profesi

Padahal, bekerja merupakan salah satu bentuk ekspresi dan aktualisasi diri. Sebagai makhluk homo economicus, manusia membutuhkan kerja untuk memperoleh makna kehidupannya. Kerja bukan hanya sekedar untuk mendapatkan gaji agar bisa hidup namun yang tak kalah pentingnya adalah untuk aktualisasi diri.

Nah, berikut ini 4 kiat praktis sebagai cara memilih profesi yang tepat dan berguna dalam memberikan makna untuk kehidupan anda.

1. Pilih Sesuai Minat dan Karakter Diri Anda

Benarkah anda telah mengenal diri anda sendiri dengan baik? Mungkin anda akan mencibir pertanyaan semacam ini karena beranggapan bahwa tak mungkin seseorang tidak mengenal dirinya. Namun dalam kenyataannya justru demikianlah realitasnya. Tak sedikit orang yang telah lulus kuliah atau menjadi sarjana tapi merasa menyesal dengan jurusan atau program studi yang telah ditempuhnya selama bertahun-tahun itu.

Salah satu cara memilih profesi yang perlu diperhatikan adalah mencoba berkaca dan mengenal diri anda sendiri. Selain dengan melakukan perenungan, anda juga bisa meminta bantuan tes psikologi atau tes kemampuan diri yang banyak disediakan lembaga psikologi terapan yang ada. Mungkin ada biaya yang mesti dikeluarkan namun hal ini akan berguna bagi masa depan anda.

2. Sesuaikan dengan Kompetensi dan Kemampuan

Pilihlah profesi yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi anda! Mungkin cara memilih profesi berdasarkan kemampuan juga sudah banyak dilakukan orang namun tak sedikit pula yang tidak menganut asas ‘the right man on the right place’ ini. Apalagi dengan besarnya jumlah pencari kerja sementara lapangan kerja yang sesuai kemampuan amatlah sedikit.

Bekerja sesuai kemampuan akan memberikan banyak peluang untuk membangun karier yang lebih bagus di masa depan. Anda pun dapat berkreasi untuk mengajukan atau mengusulkan hal-hal baru untuk kemajuan perusahaan dimana anda bekerja.

Cara Memilih Profesi

3. Pilih Profesi yang Menghargai Anda

Sebuah profesi berbeda dengan kerja bakti. Kalau sekedar bekerja tanpa memperhatikan imbal balik, maka sesungguhnya kita sedang menyia-nyiakan hidup kita. Karena itu dalam memilih profesi anda juga perlu memperhatikan besarnya gaji yang ditawarkan kepada anda.

Mengejar besarnya gaji untuk sebuah profesi bukanlah hal yang tabu. Hal ini justru perlu dilakukan agar waktu, tenaga, dan kemampuan yang telah anda korbankan untuk perusahaan anda memperoleh hasil yang seimbang. Nilai gaji suatu profesi sekaligus juga mencerminkan penghargaan pimpinan maupun perusahaan terhadap kemampuan dan karya yang anda berikan.

4. Perhatikan Stabilitas Perusahaan

Jika masyarakat kita masih PNS (pegawai negeri sipil) minded sebenarnya bukanlah sesuatu yang salah atau keliru. Untuk menjalani kehidupan dan membangun masa depan yang lebih baik setiap orang tentunya membutuhkan tempat berlindung yang kokoh. Apalagi dengan banyaknya kasus perusahaan yang gulung tikar sehingga memilih pekerjaan pun juga harus dengan memperhatikan soal performa perusahaan.

Begitu juga dalam memilih profesi yang tepat, pilihlah perusahaan atau institusi yang sudah besar dan mapan. Stabilitas perusahaan yang baik akan memberikan kenyamanan anda saat bekerja sehingga hidup pun akan lebih nyaman anda jalani. Perusahaan semacam ini juga akan memberikan peluang lebih besar bagi pengembangan kompetensi maupun karier anda di masa depan.

Foto ilustrasi : pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...