Keuangan » Tips » 4 Cara Jitu Memilih Jenis Usaha

4 Cara Jitu Memilih Jenis Usaha

Bagi sebagian kecil orang, memilih jenis usaha bukanlah sesuatu yang sulit. Namun bagi sebagian besar orang lainnya, perkara ini tak kalah beratnya dibandingkan dengan memilih jodoh. Lho apa hubungannya?

Inilah seninya dalam memilih dan menentukan jenis usaha. Tanpa menimbang banyak hal, memilih usaha secara serampangan bukan saja akan membuat usaha gagal di tengah jalan namun juga akan banyak membuang modal, waktu, tenaga, maupun pikiran kita. Hal ini tak jauh berbeda dengan memilih jodoh, jika tidak tepat bisa-bisa kita yang akan tenggelam dalam pertengkaran yang tak berkesudahan dan akhirnya juga gagal di tengah jalan.

Memilih Jenis Usaha

Nah, biar anda tidak penasaran dengan tulisan ini, yuk kita simak 5 cara mudah memilih jenis usaha yang semoga akan brguna dan menginspirasi anda yang sedang ingin terjun ke dunia bisnis. Tips atau kiat ini merupakan pengalaman langsung penulis, sehingga lebih aplikatif dalam prakteknya.

  1. Jauhkan idealisme dan ego anda! Idealisme dan ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap sebuah jenis usaha lebih sering mengalami kegagalan. Anda mungkin berpikir bahwa suatu jenis usaha yang menurut anda bagus anda akan mendapat pahala karena jenis usaha tersebut memberikan manfaat besar untuk masyarakat banyak. Pemikiran semacam ini lebih cocok ada pada seorang ustadz atau pendidik dan tidak cocok untuk seorang pengusaha.
  2. Lupakan masalah modal! Yap, jangan jadikan modal sebagai pertimbangan utama anda dalam memilih jenis usaha yang hendak anda jalankan. Banyak bisnis yang sukses dan berhasil yang diawali justru tanpa harus mempersiapkan modal usaha. Jadi sekali lagi, lupakan dahulu soal modal.
  3. Cermati prospek pasarnya. Sebuah bisnis yang baik mestinya berangkat dari kebutuhan masyarakat konsumen. Karena itu langkah awal dalam memilih jenis usaha adalah dengan melihat kebutuhan riil konsumen yang hendak anda target. Namun mengamati peluang pasar ini tidak cukup hanya dengan melihat dari kejauhan, anda mesti lebih detail dalam mencermatinya meskipun tak harus dengan riset.
  4. Jauhkan jenis usaha yang tidak anda kuasai dan sesuaikan dengan hobi atau kesukaan anda. Kesenangan dalam menjalankan suatu jenis bisnis yang dipilih akan memberikan semangat dan daya dorong yang lebih kuat ketimbang jenis bisnis yang tidak kita minati. Karena itu dalam memilih jenis usaha sesuaikan dengan hobi atau jenis usaha itu memang benar-benar anda minati.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...