Keuangan » Tips » 3 Tips Jitu Menulis Email Marketing yang Efektif

3 Tips Jitu Menulis Email Marketing yang Efektif

Saat ini email marketing telah menjadi sebuah senjata baru dalam mendukung sukses bisnis. Perkembangan teknologi komunikasi yang demikian pesat telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi. Karena itu dunia bisnis juga perlu menyesuaikan strategi marketingnya dengan mengambil manfaat dari tren yang sedang berkembang di masyarakat.

Email marketing merupakan media promosi yang sangat potensial. Bahkan media ini boleh dikata merupakan jalan pintas yang efektif dalam melakukan penetrasi agar pesan bisnis dapat langsung sampai kepada konsumen yang ditarget. Apalagi media ini berbiaya sangat murah namun mampu memberikan hasil yang sangat menguntungkan untuk meraih sukses perusahaan.

Potensi besar media marketing ini terutama didasari fakta tingginya jumlah pengguna gadget di tanah air. Salah satu indikasi potensi ini adalah tren penggunaan jejaring social dan social media yang sangat besar. Penggunaan jejaring social ini tentunya membutuhkan email sebagai syarat untuk mendaftar dan mendapatkan akun. Hal ini rasanya tak perlu dibahas lagi karena anda tentunya sudah memahami hal ini.

Email Marketing

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh pelaku bisnis dengan memanfaatkan email marketing ini. Selain untuk menyampaikan info terbaru produk bisnis anda untuk tujuan penjualan, anda juga dapat membangun loyalitas pelanggan dengan email ini guna membangun branding. Sayangnya, masih banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang belum optimal memanfaatkan media email untuk membangun sukses.

Begitu juga dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan, isi email yang dikirimkan juga cenderung tidak efektif dan lebih sebagai komunikasi biasa. Berikut ini 3 tips dalam membuat email marketing yang sebaiknya anda perhtikan agar yang lebih berkualitas dan lebih efektif.

1. Judul Email Yang Singkat, Padat, dan Menggoda

Judul yang menggoda memainkan peranan sangat vital dan merupakan kalimat yang terlihat pertama kali saat sebuah email masuk ke inbox pelanggan. Tanpa kalimat yang kuat dan padat, sebuah email tak akan menarik untuk dibaca, malah bisa-bisa akan langsung dihapus. Karena itulah judul email harus dibuat sesingkat mungkin, dengan kandungan informasi yang padat, dan tentunya juga ada keuntungan yang anda tawarkan. Judul email seperti: ‘Dapatkan Diskon 50 % Hanya Hari Ini!’ tentu akan sangat menggoda pelanggan untuk membuka dan membacanya dibandingkan judul ‘Untuk Semua Pelanggan Kami Menawarkan Adanya Produk Baru’.

Cara Menulis Email Marketing

2. Bangun Personalisasi yang Kuat

Sebuah komunikasi tertulis, apalagi melalui email, snagat berbeda dengan komunikasi secara lisan. Tanpa adanya visualisasi secara langsung akan membuat lemah pesan yang disampaikan. Nah, salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan membangun personalisasi yang kuat dengan pelanggan dengan menyebutkan nama pelanggan dalam email yang anda kirim. Bisa dengan nama singkat, namun akan lebih baik jika dengan menggunakan nama lengkap. “Kepada Yth Bapak Joes CK’ tentunya akan lebih mengena dibandingkan judul ‘Kepada Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan’. Selain itu hindari menggunakan huruf capital semua pada judul maupun isi email maupun menempatkan email pelanggan pada kolom CC atau BCC yang bisa membuat pelanggan anda juga tak akan menghargai email anda.

3. Rancang Isi Email yang Padat dan Memberikan Benefit

Menulis email marketing sangat berbeda dengan menulis surat bisnis melalui surat pos. Sifat email mlekat dengan karakter teknologi komunikasi dan internet yang ‘mudah datang dan mudah hilang’. Apalagi jika anda bersaing dengan email-email lain yang masuk ke inbox pelanggan. Untuk itu dalam menulis isi email sebaiknya tak perlu terlalu banyak berbasa basi dan berpanjang lebar. Tuliskan saja secara ringkas dan padat tentang maksud anda. Jika email anda ingin menyampaikan informasi terbaru berupa tawaran diskon, sebaiknya langsung berikan saja link yang menuju pada website yang dimaksud. Hal ini akan lebih efektif karena memudahkan pelanggan melakukan bookmark terhadap website yang menarik. Karena tempatkan kalimat pertama pada email marketing anda dengan inti dari maksud anda secara jelas dan singkat, tanpa perlu memberikan uraian lainnya.

Gambar ilustrasi: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...