Keuangan » Peluang » 3 Peluang Usaha 2015 yang Prospektif dan Menjanjikan

3 Peluang Usaha 2015 yang Prospektif dan Menjanjikan

Menutup tahun 2014, apa saja peluang usaha 2015 yang prospektif dan menguntungkan? Pada tulisan lain sebelumnya, admin telah menulis tentang Prospek Bisnis Properti 2015 yang diprediksi akan mengalami klimaks sebagai puncak dari pertumbuhan bisnis property yang sempat naik turun pada beberapa tahun sebelumnya. Lantas bagaimana dengan pelung bisnis lainnya pada tahun 2015?

Sebuah peluang usaha tak jarang datang secara tiba-tiba dan menjadi berkah bagi siapapun yang mampu menangkap, mengolah dan menjalankannya. Namun suatu peluang juga bukannya tidak bisa diperkirakan. Tak sedikit pelaku bisnis yang kerap menggunakan parameter ‘trend’ atau kecenderungan sebagai indikator untuk melihat dan menangkap peluang usaha yang akan datang.

Peluang Usaha 2015

Begitu juga menyangkut peluang usaha tahun 2015 sebenarnya juga dapat diprediksi dan diperkirakan berdasarkan kecenderungan pertumbuhan yang ada pada beberapa waktu atau tahun sebelumnya. Nah, tulisan ini juga hendak mengangkat beberapa peluang bisnis yang diperkirakan mengalami kenaikan dan sangat prospektif untuk dijalankan pada tahun depan.

1. Peluang Bisnis Waralaba 2015

Bisnis waralaba merupakan usaha yang boleh dibilang tak ada matinya. Selain lebih mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, usaha ini juga mudah dijalankan karena tinggal mengadopsi sistem yang sudah berhasil dari pemilik franchise.

Meskipun peluang bisnis waralaba sempat menurun pada tahun 2014 dan tidak begitu bergairah seperti pada dua atau tiga tahun sebelumnya, namun jenis usaha ini diperkirakan akan meningkat pada tahun 2015. Semakin kondusifnya stabilitas dan keamanan di Indonesia akan mendorong banyak pemilik franchise terutama dari luar negeri yang kembali akan menyerbu pasar Indonesia.

Sedangkan untuk jenis usaha waralaba yang akan menjadi primadona adalah di bidang makanan dan minuman. Gairah dan trend bisnis waralaba makanan pada tahun 2015 tampaknya akan mengulang suasana yang pernah terjadi sekitar tahun 2010 dimana waralaba makanan banyak berdiri bak jamur dimusim hujan.

2. Peluang Usaha Rumahan 2015

Peluang usaha rumahan 2015 tampaknya juga akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan dan gairah bisnis rumahan ini setidaknya ditandai oleh 2 hal. Pertama, kebutuhan masyarakat terhadap berbagai barang atau makanan yang lebih unik dan berbeda dari produk pabrikasi akan semakin meningkat. Produk-produk busana, asesoris, kerajinan, makanan cemilan, hingga warung makan akan lebih variatif.

Faktor kedua, makin tingginya kebutuhan hidup rumah tangga juga akan mendorong masyarakat untuk membuat atau mencari sumber penghasilan tambahan. Pilihan utama yang akan banyak dilakukan terutama adalah menjalankan usaha kecil-kecilan dari rumah. Para istri akan lebih kreatif untuk membuat produk yang dapat dijual agar segera bisa memperoleh uang.

Prospek dan potensi peluang usaha rumahan tahun 2015 ini tampaknya akan berkaitan dengan bisnis musiman yang akan meningkat di tahun 2015. Beberapa peluang usaha musiman yang snagat prospektif untuk dijalankan meliputi :

  • Usaha yang berkaitan dengan aal tahun ajaran baru 2015/2016
  • Bisnis menjelang Ramadhan dan Lebaran 2015

peluang bisnis 2015

3. Peluang Bisnis Online 2015

Meningkatnya jumlah pengguna gadget dan ponsel pintar di tanah air juga akanmendorong makin bergairahnya peluang bisnis online 2015. Gadget atau ponsel pintar merupakan perangkat mobile phone yang sudah mampu mengakses internet dengan kecepatanyang makin tinggi. Dengan demikian, maka jumlah pengguna internet pun akan mengalami peningkatan yang lebih tinggi.

Saat ini saja jumlah pengguna internet telah mencapai angka lebih dari 50 juta orang, suatu jumlah yang tak bisa dianggap sebelah mata. Dari jumlah itu tak kurang dari separonya pernah atau sering melakukan transaksi bisnis secara online.

Untuk jenis usaha yang makin diminati untuk dijalankan secara online pada tahun 2015 antara lain toko online dan bisnis afiliasi (dropshipping). Bisnis afiliasi dapat dijalankan dalam bentuk toko online dimana kita tak perlu memproduksi sendiri untuk dapat menjualnya. Selain tidak membutuhkan modal besar dan mudah dijalankan, bisnis online ini juga merupakan peluang usaha 2015 yang sangat prospektif.

Gambar ilustrasi : pixabay

Penulis: joesck

Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...