Keuangan » Bisnis » 3 Kiat Simpel Menentukan Target Pasar

3 Kiat Simpel Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar yang jelas bisa jadi merupakan hal yang sangat vital, terutama di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat sekarang ini. Besarnya jumlah pelaku bisnis sementara kue pasar yang ada terbatas menjadikan persaingan aakan sangat ketat. Dengan target pasar yang jelas dan spesifik akan membuat bisnis anda lebih mampu melakukan penetrasi untuk meraih penjualan yang lebih baik.

Menentukan target pasar merupakan langkah awal yang mesti jelas dan terperinci, dan langkah ini merupakan bagian dari perencanaan bisnis (business plan) yang mesti direncanakan dengan baik sejak awal. Perencanaan yang baik menyangkut pasar yang ingin ditarget akan melahirkan strategi bisnis yang nantinya akan menajdi acuan dalam menjalankan dan memasarkan bisnis anda.

Nah, berikut ini beberapa kiat sederhana dalam menentukan target pasar untuk keberhasilan bisnis anda.

Hindari Logika Sok Idealis

Tak sedikit pelaku bisnis yang idealis atau menggunakan logika idealita dalam menjalankan suatu bisnis. Mereka umumnya berharap dapat menghasilkan suatu produk atau jasa yang bersifat eksklusif dan unik dan produk itu dipastikan akan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Padahal, produk yang berorientasi pada produsen ini tidak berdasar pada kebutuhan riil pasar yang ada yang justru akan membuat anda gagal.

Mulailah dari Kebutuhan Pasar

Salah satu kiat menentukan target pasar yang penting adalah dengan mencari produk atau jasa berdasarkan kebutuhan pasar. Ketika anda tinggal di suatu kawasan perkantoran, ada banyak peluang bisnis yang tersedia. Dari berbagai peluang yang ada, petakan dan susun apa yang dibutuhkan masyarakat di kawasan itu yang akan memberikan anda pilihan lebih banyak terhadap jenis produk atau jasa yang akan anda tawarkan kepada pasar tersebut.

Tetapkan Fokus Bisnis Anda

Setelah anda menemukan target pasar anda, anda juga perlu menentukan focus bisnis anda. Hal ini penting agar dalam melakukan promosi maupun penetrasi akan lebih efektif. Fokus bias ditentukan berdasarkan banyak hal, seperti kemampuan atau hobi anda, ataupun karakteristik dari target pasar anda. Dengan menentukan target pasar secara fokus akan lebih memudahkan anda dalam mencari dan menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk atau jasa anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...