Keuangan » Perencanaan » Tips Mudah Mengatasi Sifat Boros

Tips Mudah Mengatasi Sifat Boros

Anda mungkin memiliki penghasilan cukup besar setiap bulannya, namun setelah dibelanjakan dengan berbagai kebutuhan ternyata penghasilan tersebut masih kurang. Jika keadaannya seperti itu, bisa jadi ANda termasuk orang yang meiliki sifat boros. Boros artinya menghambur-hamburkan uang untuk barang yang tidak memiliki sifat penting dan mendesak. Sifat boros biasanya menjadi pemicu utama kita tidak dapat menabung dan jumlah kekayaan tidak bertambah. Meskipun sah sah saja menghabiskan uang sendiri, namun ada baiknya kita hindari sifat boros demi masa depan.

Tips Mengatasi Sifat Boros

Tips Mengatasi Sifat Boros

 

Lalu bagaimana cara mengatasi sifat boros pada diri kita ? berikut ini blogekstra berikan 3 tips untuk mengekang sifat boros yang dapat Anda ikuti ;

Batasi diri Anda
Langkah utama untuk mengatasi sifat boros tenttu saja dimulai dari dalam diri Anda sendiri. Sebaiknya batasi diri Anda dengan merancang pengeluaran diurutkan dari prioritas tertinggi. Buat anggaran per bulan dan Anda harus mencoba menaati anggaran tersebut jangan sampai melewati batas anggaran. Jika masih melanggar anggaran berarti Anda masih dikatakan boros.

Jangan gampang tertarik ketika melihat barang bagus
Godaan ketika kita berbelanja adalah ketika kita melihat sebuah barang yang menarik, kemudian kita tergoda untuk membelinya. Hal seperti itu disebut lapar mata. Bagi Anda yang suka lapar mata, kembali ingat poin pertama di atas, dan kendalikan diri. Jika tidak dapat mengendalikan, usahakan tukar barang tersebut dengan item yang serupa pada anggaran, dengan begitu barang tersebut dapat Anda beli namun Anggaran tetap pada rel nya.

Jangan mudah tergoda dengan diskon
Jangan sekali kali tergoda dengan diskon berapapun angkanya jka Anda memang tidak membutuhkan barang tersebut. Seperti kita tahu, diskon memang menawarkan harga yang menarik namun memberikan efek domino. Toko tak serta merta meberikan diskon tanpa syarat dan ketentuan. Biasanya diskon besar berlaku untuk meinimal pembelanjaan yang telah ditentukan. Diskon memaksa Anda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Sebaiknya abaikan diskon, atau lebih efektif lagi, cari barang yang ada di Anggaran yang berdiskon. Meskipun demikian, tetap harus sesuai dengan anggaran.
Itulah tiga tips untuk mengatasi sifat boros pada diri kita, Anggaran menjadi kunci utama akan ketertiban keuangan, yang kedua kembali lagi pada diri Anda karena semua kembali pada hati Anda mau apa tidak berubah tidak boros.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...