Keuangan » Properti » Tips Memilih KPR Syariah Terbaik

Tips Memilih KPR Syariah Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini semakin banyak jenisnya. semakin tinggi harga properti dan rumah memang menjadi latar belakang utama banyak orang memburu penyedia KPR. Mulai dari KPR PNS, KPR swasta dan KPR lainnya menjadi incaran banyak orang untuk memiliki sebuh rumah. namun dari berbagai jenis KPR tersebut ada satu yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yaitu KPR berbasis syariah. KPR syariah biasanya diselenggarakan oleh bank-Bank yang berbasis syariah. KPR syariah memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan KPR bank-bank konvensional. lantas apa saja yang menjadi keungulan KPR syariah ? Mengapa kita harus memilih KPR syariah ? :

Memilih KPR syariah terbaik

Memilih KPR syariah terbaik

Pembiayaan pasti
berbeda dengan bank lainnya, KPR Syariah menawarkan pembiayaan yan lebih pasti. Artinya ketika terjadi perubahan siatuasi ekonomi, Anda akan tetap membayar angsuran dengan nilai yang sama seperti ketika ditetapkan di awal. Itu artinya besaran angsuran setiap bulannya tetap tidak ada perubahan. Pada bank bank konvensional lain terkadang suku bunga KPR mengalamii perubahan berdasarkan situasi ekonomi nasional.

Tak ada biaya pinalti
satu lagi kelebihan KPR syariah adalah tidak adanya biaya pinalti yang dibebankan kepada kreditur. Sehingga jika Anda ingin melunasi hutang sebelum jatuh tempo berakhir Anda tidak akan dikenakan biaya pinalti. Hal itu diisebabkan karena biaya atau harga KPR sudah ditetapkan sejak awal. Jika Anda melunasi sebelum jatuh tempo, maka Bank akan mengurangi margin keuntungan bukan memberikan pinalti seperti Bank konvensional pada umumnya.

Cara memilih KPR syariah terbaik

Bandingkan layanan KPR beberapa Bank Syariah
karena kita ingin mendapatkan layanan KPR terbaik, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membandingkan penawaran dari berbagai Bank. Jika perlu tanyakan langsung pada Customer service kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing.

Pilih bank yang mampu memproses secara cepat
Kebanyakan bank syarah menawarkan proses pengajuan KPR yang cepat. namun untuk lebih meyakinkan, Anda bisa menelusuri terlebih dahulu pada rekan, atau teman yang telah mengajukan KPR serupa seberapa cepat proses pengajuan samapai disetujui.

Pilih bank yang sudah berpengalaman.
satu hal yang tak kalah penting adalah memilih bank yang sudah berpengalaman. Sebab biasanya bank syariah yang sudah berpengalaman akan lebih teruji dan reable dalam menangani KPR. Jika ada, pilih Bank yang sduah memiliki divisi khusus untuk mengurusi. Itu berarti bank tersebut telah menjadikan KPR syariah sebagai produk utama.

Pilih KPR dengan rate terkecil
rate atau bunga sangat berpengaruh pada besaran cicilan KPR, oleh sebab itu bandingkan terlebih dahulu dan pilih rate terkecil, dengan begitu besar angsuran Anda nanti juga lebih kecil

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...