Keuangan » Bisnis » Tips Memilih Jenis Kredit Yang Tepat Untuk Usaha

Tips Memilih Jenis Kredit Yang Tepat Untuk Usaha

Kredit atau pinjaman tidak selalu identik bagi orang yang kesusahan. Dewasa ini kredit sudah menjadi hal biasa, apalagi bagi Anda yang ingin membuka suatu usaha, kredit sudah menjadi mitra terbaik. Semakin banyaknya kebutuhan kredit, baik itu untuk usaha maupun KPR, kini banyak sekali jenis kredit yang ditawarkan oleh pihak bank/lembaga keuangan lainnya. Bahkan di berbagai lembaga keuangan mikro, pengajuan kredit dipermudah dengan proses yang cepat tak sampai satu jam. Namun, dari manisnya iming-iming kemudahan pinjaman yang ditawarkan, sebaiknya Anda pelajari dulu dan lebih teliti dalam memilih jenid kredit dan memutuskan untuk mengajukannya. Sebab, tidak sedikit penyedia layanan yang ternyata “membebani” nasabahnya dengan bunga yang tinggi. Berikut ini Blogekstra berikan tips memilih jenis kredit yang tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha atau ingin membuat rumah.

Tips Memilih jenis kredit yang tepat

Tips Memilih jenis kredit yang tepat

Sesuaikan besaran pinjaman

Sesuaikan besaran pinjaman dengan kebutuhan Anda. Ini poin paling penting ketika Anda ingin mengajukan kredit. Meminjam dalam jumlah besar akan membebani pembayaran saat masa pinjaman. Selain itu, dikhawattirkan uang sisa justru akan digunakan untuk pos yang tidak bermanfaat.

Pilih angsuran rendah

Maksudnya, pilih nilai angsuran denga nilai di bawah/lebih rendah dari penghailan Anda. Sebaiknya, besar angsuran tidak lebih dai sepertiga penghasilan anda. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi kredit macet, atau angsuran menumpuk yang akan semakin membebani Anda.

Pilih kredit dengan suku bunga rendah

Setiap bank/penyedia kredit pasti menawarkan berbagai jenis pinjaman, pilih jenis pinjaman yang memiliki suku bunga terendah, atau jika perlu bandingkan bank satu dengan bank lain mengenai tingkat suku bunga pinjaman. Anda dapat mempelajarinya dari brosur.

Pilih angsuran jangka pendek

Semakin lama Anda mengambil waktu angsuran, maka akan semakin besar bunga yang dibayarkan. Maka sebaiknya ambil jangka waktu angsuran pendek, namun harus kembali disesuaikan dengan nilai penghasilan Anda.

Bayar angsuran tepat waktu

Beberapa bank memberikan dispensasi bagi keterlambatan pembayaran angsuran, namun tak sedikit pula yang emngganjar denda jika terlambat membayar. Oleh sebab itu usahakan tepat waktu saat membayar angsuran untuk menghindari denda. Jika perlu tambahkan anggaran khusus dan buat jadwal untuk membayar angsuran.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk memilih jenis kredit yang tepat.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...